Skip to main content

Penerapan Management Six Sigma

Istilah management dalam mencoba mengontrol dan mengarahkan perkembangan perusahaan memang banyak sekali modelnya, antara lain yang disebut dengan Six Sigma. Pengertian six sigma secara umum atau menurut definisi Wikipedia mungkin lebih mirip kepada management perencanaan dan pengendalian organisasi seperti yang sudah lama dikenal PDCA. Untuk tahu yang aslinya mengenai definisi six sigma dalam bahasa inggris bisa dilihat di blogku yang lain mengenai Training.

Bagi para pekerja yang ingin membangun usaha dalam menghadapi persiapan pensiun, atau para pengusaha muda memang sangat dianjurkan dalam menerapkan management six sigma dalam perusahaannya, sehingga dapat mencapai sukses dalam mengembangkan perusahaannya dan terutama sekali dapat menghasilkan uang sebagaimana dengan rencananya.

Management six sigma bukanlah management yang mengatur sistem administrasi personalia seperti dalam menentukan standar penggajian atau training dan recruitment, tapi lebih pada perencanaan, serta pengontrolan yang ketat dalam sistem yang berjalan sehingga terhindar dari masalah diluar dugaan seperti penipuan dan penyalahgunaan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Management Six Sigma ini juga sudah dikenal lama oleh orang jawa dalam membangun bisnis seperti pada model ungkapan building construction dalam bahasa jawa dibawah ini:

"Siji ........ ora dadi"
"Loro ...... ora kanggo"
"Telu ....... mlaku"
"Papat ..... mupakat"
"Lima ...... prayogo"
"Nem ..... Marem"

Arti dari puisi itu apa ya kira kira? Memang kalau orang jawa gak bicara blak blakan aja, maksudnya apa, jadi agak bingung mengartikannya. Kalau aku artikan sebagai seperti membangun rumah, kalau tiang satu gak jadi, tiangnya dua gak kepakai, tiangnya tiga bisa, tiangnya empat jadi, tiang lima apalagi, tiangnya enam lebih keren. Begitu....

Comments

sangat menarik analoginya.
ternyata menerapkan six sigma seperti membangun rumah ya.

Popular posts from this blog