Cairan Kimia Elektroplating

Bahan kimia Proses Elektroplating

Proses elektroplating itu adalah proses pelapisan logam dengan logam lain yang lebih tahan terhadap korosi, misal logam besi dilapis dengan chrom, atau besi dilapis dengan nikel, atau besi dilapis dengan emas. Jadi bahan kimianya yang dibutuhkan disesuaikan dengan proses pelapisan apa yang diinginkan. Untuk bahan kimia masing masing sudah dibahas ada dilink link yang aku kasih.

Proses pelapisan logam ini juga bisa dilakukan dipermukaan plastik seperti yang ada pada reflector, atau pada PCB yang biasanya adalah plastik yang dilapisi dengan rangkaian electronik yang berbahan dasar tembaga. Nah kalau ini tidak menggunakan proses electroplating.

Pencampuran bahan kimia electroplating

Untuk electroplating krom harus menggunakan bahan kimia dengan campuran yang tepat agar kita dapat menghasilkan pelapisah yang sempurna. Bahan dasarnya sebenarnya sederhana saja, kita bisa membeli di toko kimia dengan nama asam kromat. Bahan ini berwarna kuning kemerahan, berbentuk kristal, mudah larut dalam air dan boleh dibilang kelarutannya sangat tinggi. Bahan ini harganya di toko sangat bervarisi tergantung kita membelinya dimana dan berapa jumlah yang kita beli. Di toko kimia biasa per kg bisa mencapai Rp. 75000,- tapi untuk pembelian skala besar harganya hanya Rp. 30.000,- an per kgnya. Wah kalau harga sekarang bisa gak dapet tuh...

Hasil dari pelapisan dengan krom bermacam-macam tergantung dari proses yang kita gunakan, jenis prosesnya ada yang untuk hard kromium seperti pada ujung obeng, pada gagang peralatan dll. Ada yang ditujukan untuk dekorasi, berwarna kekuningan, berwarna hitam, mengkilat seperti pada pelek sepeda, motor atau mobil.

Pencampuran bahan untuk proses electroplating ini biasanya dengan perbandingan berat antara katalis dengan kromnya adalah 1:100 sampai 1:70. Katalis yang digunakan juga cukup murah yaitu asam sulfat (H2SO4). Hati hati dengan uap krom yang dapat membuat saluran pernafasan kita keracunan, terutama berasal dari proses electroplating itu sendiri. Untuk proses lengkapnya bisa dilihat di Electroplating Process.