Cairan Kimia Elektroplating

Untuk electroplating krom harus menggunakan bahan kimia dengan campuran yang tepat agar kita dapat menghasilkan pelapisah yang sempurna. Bahan dasarnya sebenarnya sederhana saja, kita bisa membeli di toko kimia dengan nama asam kromat. Bahan ini berwarna kuning kemerahan, berbentuk kristal, mudah larut dalam air dan boleh dibilang kelarutannya sangat tinggi. Bahan ini harganya di toko sangat bervarisi tergantung kita membelinya dimana dan berapa jumlah yang kita beli. Di toko kimia biasa per kg bisa mencapai Rp. 75000,- tapi untuk pembelian skala besar harganya hanya Rp. 30.000,- an per kgnya.

Hasil dari pelapisan dengan krom bermacam-macam tergantung dari proses yang kita gunakan, jenis prosesnya ada yang untuk hard kromium seperti pada ujung obeng, pada gagang peralatan dll. Ada yang ditujukan untuk dekorasi, berwarna kekuningan, berwarna hitam, mengkilat seperti pada pelek sepeda, motor atau mobil.

Pencampuran bahan untuk proses electroplating ini biasanya dengan perbandingan berat antara katalis dengan kromnya adalah 1:100 sampai 1:70. Katalis yang digunakan juga cukup murah yaitu asam sulfat (H2SO4). Hati hati dengan uap krom yang dapat membuat saluran pernafasan kita keracunan, terutama berasal dari proses electroplating itu sendiri. Untuk proses lengkapnya bisa dilihat di Electroplating Process.

13 komentar:

  1. Untuk pingin tahu atau usaha electroplating baik proses Zinc, Nickel, Chrome dll, bisa kontak di 081 2351 6851.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk proses bagaimna dan bahannya apa aja yang perlu di siapkan untuk crom perak, aloy, kuningan

      di tunggu jawabannya..
      terima kasih...

      Hapus
    2. mohon masukan para agan agan yang baik hati...
      bagaimna prosesnya dan bahan kimia apa saja yang harus di persiapkan...
      untuk media perak, tembaga, kuningan, dan aloyy

      terima kasih sebelumnya...

      Hapus
  2. forward : Saudara tolong saya yg sedang melakukan eksperimen elektro plating dengan barrel,, larutan elektrolit yg kuat yg biasa di pakai pada proses elektroplating (chrom plating) pada baknya menggunakan cairan apa?? Kalau anda tahu tolong kirimkan lewat e-mail enzohaichi@rocketmail.com,, terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas komentarnya dari saudara boedy dan NaDira Aulia. Saya akan memberi referensi lain tulisan saya juga yaitu disini Electroplating. Sudah banyak cerita mengenai electroplating ini saya kupas di blog tersebut, tetapi untuk prakteknya saya sarankan anda harus belajar lagi kepada orang orang dipinggir jalan yang banyak membuka jasa ini, orang ini lebih mengerti bahan yang biasa digunakan karena tidak menggunakan nama kimianya tetapi nama dagangnya yang mudah didapat di Toko toko kimia. Mereka malahan mungkin tidak mengenal nama kimianya tapi bisa mempraktekan dengan hasil yang lumayan. Ada macam macam cairan tambahan tapi bisa juga lihat disini Chemical Composition

    BalasHapus
  4. saudara aku pingin tau cara pembuatan H2SO4 pekat itu giman proses pertama nya. saya tunggu jawaban dari kalian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Bintang, wah saudara kamu bener bener orang yang sangat pingin tahu. Saya hargai keingintahuan saudaramu itu. Saya pernah kerja di dunia industry, perdagangan, training dan SHE&S (safety health Environment and Security). Industry yang pernah saya masuki, industry polyester chip, industry pulp and paper, dan industry kimia dasar. Mudah-mudahan bisa membantu menambah pengetahuan saudara.

      Saudara bisa pelajari banyak tentang proses kimia disini http://chemistry.health-tips-diseases.com Dalam industry asam sulfat biasa dibuat dari Sulfur atau belerang, tapi bisa dibuat dari bahan lain misal dari recovery gas buang yang banyak mengandung gas SO2. Saran saya tidak usah bikin asam sulfat sendiri karena sifat asam ini sangat korosif, emisi gas sisa yang berupa SO2 bersifat iritasi, merusak lingkungan dan bisa membunuh orang. Lebih baik beli saja karena industri asam sulfat biasanya hanyalah produk samping, dari gas buang yang bisa merusak lingkungan, karena dilarang pemerintah, maka direcovery dan dikonversi menjadi asam sulfat dan harganya jadi bisa murah sekali, walaupun sangat repot karena sangat merusak besi dan stainless sekalipun.

      Delete

      Hapus
  5. bagaimana cara electroplating menggunakan bahan silica amorf, larutan yang tepat menggunakan apa?... kalo anda tahu..hubungi saya di gugumsetiawan@gmail.com...ada pekerjaan besar menanti...

    BalasHapus
  6. Saya ingin belajar proses alkaline non cyanida zinc plating, posting bisa dikirim ke aansuherlan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Cara mengkrome cincin gmana gan.???
    Bahan - bahan nya apa saja gan.??
    Thanks bfore

    BalasHapus
  8. Gan saya ingin tanya plating jenis apa untuk pelapisan bahan piston mobil berbahan almunium type Ac8h agar warna nya terlihat lebih bagus... Tolong d bantu... Thx

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )