Belajar Pangkat dan Akar

Belajar perkalian pangkat memang bisa berbagai cara untuk menghitung sehingga memudahkan dalam menghitung ataupun untuk menghafal karena hitungan ini akan menghasilkan angka angka yang besar dan membuat sulit untuk dihafal atau dihitung. Tapi kita lupakan tentang cara menghitungnya karena sekarang ada kalkulator atapun excel yang akan menghitungkan untuk anda dengan sangat cepat dan teliti apabila anda melakukannya dengan benar.

Pangkat adalah pengulangan perkalian, maksudnya jika 23 (dibaca dua pangkat tiga), adalah mengulang perkalian 2 sampai tiga kali atau 2 x 2 x 2 yang hasilnya adalah 8. Jika menggunakan kalkulator bisa melakukan dengan cara sangat mendasar yaitu dengan mengalikan 2 x 2 x 2 atau dengan menggunakan alat bantu pangkat 2 kemudian pencet pangkat dan pencet angka 3 yang hasilnya haruslah sama dengan 8.

Sedangkan akar adalah bentuk lain dari pangkat hanya cara menulisnya berbeda yaitu dengan simbol pangkat, misalnya akar tiga yang ditulis dengan seperti disebelah kanan.
Kalau akar pangkat 2 biasanya angka 2 tersebut tidak ditulis, tapi kalau akar pangkat angka lain harus ditulis, jadi menulisnya tidak ada angka 2-nya menjadi seperti gambar ini:

Arti dari pangkat tersebut sebenarnya sama dengan pangkat 1/2 atau ditulis dengan 31/2 jadi jika pangkatnya bukan dua tapi tiga misal akar pangkat 3 dari 9 bisa ditulis dengan 91/3  dalam bentuk akar ditulis dengan

Bagaimana dengan pangkat minus misal 5-2 apa artinya? Coba pelajari disini: Power and Root