Pemimpin Dengan Gagasan Hebat

Untuk saat ini memang masih sangat sedikit ada pemimpin dengan gagasan hebat, yang berniat memberi kesejahteraan rakyat. Swasembada pangan misalnya, kalau bisa malah ekspor pangan ke seluruh dunia. Ini bukan hanya bagaimana membuat varietas unggul tapi bagaimana memanfaatkan lahan tidur di Indonesia yang begitu luas. Bayangkan ada berapa ribu hektar lahan nganggur di sepanjang jalan yang kita lalui di pulau jawa, belum lagi di luar jawa.

Gagasan suharto tentang membuat sawah baru waktu itu memang hebat, tapi gagasan doang, implementasinya tidak dipikirkan secara matang. Proyek dijalankan, sawah dibangun dibekas rawa rawa. Setelah dibangun mungkin gak ada yang tanam wong tempatnya terpencil sulit dijangkau barangkali. Lahan tidur yang sudah dibangunkan sekarang ya tidur lagi, mungkin sudah jadi rawa rawa lagi. Duit habis proyek gagal, utang menumpuk, ekonomi gagal.

Kalau proyek 1 juta hektar sawah berhasil maka panennya kalau hitungan sekarang kira kira akan menghasilkan 35 trilyun untuk sekali panen, kalau 1 tahun 2 kali maka bisa 70 trilyun per tahun. Ini kan uang yang sangat banyak bagi negara. Perusahaan Astra International saja pada tahun 2011 keuntungannya hanya 1,35 trilyun, lah ini 70 trilyun. Sebenernya kalau berhasil kan bisa ditingkatkan pada tahun berikutnya, sayangnya gagasannya doang yang hebat, tapi implementasinya tidak hebat, makanya hancur. Bagaimana pemimpin sekarang, mimpi apa yang kau jual? Bagaimana realisasinya?

Budidaya Sapi Potong

Gerakanku sangat terbatas,
Kepalaku tidak bisa bebas digerakkan,
Kalau lagi tengleng sangat gelisah karena gak bisa dikibas kibas sembarangan,
Ruangan sangat terbatas,
Mau maju gak bisa karena persis didepan kepalaku adalah tempat pakannya,
Mau kebelakang gak bisa karena kepala terikat kedepan,
Sedang kebelakangpun bisa terjerembab karena dibelakangku lantainya lebih rendah,

Aku ditahan ditempat ini sejak mulai usia 2 bulan,
Sampai usiaku kira kira 1,5 tahun aku terpenjara seperti itu,
Tiba tiba aku merasa sangat bebas,
Tidak ada yang mengekangku,
Tidak ada lagi batasan ruang dan waktu,
Tidak ada lagi ketergantungan,
Ah ternyata aku sudah di akhirat.

Kamu tahu siapakah aku?

 
 



 

Tak Ada Demo Buruh di Bandung October 2013

Berdeda denga kota lain yang ramai dengan demo buruh yang menuntuk UMK atau UMP yang lebih tinggi dari sebelumnya, di Kota dan Kabupaten Bandung tidak ada demo. Di kota kota kecil sekitar Bandung seperti di Purwakarta masih ada demo bahkan sampai dengan hari ini jalan utama yang menuju Disnakertrans ditutup dan dibelokkan ke tempat lain.


Kota Bandung dengan gedung satenya terlihat lengang tanpa ada demo, walaupun ada kekuatiran para pejabat kalau kalau terjebak macet seperti terjadi di Jakarta dan kota kota lain akibat demo buruh 29 - 31 October 2013 sampai 1 November 2013.


Besok Selasa Buruh Demo Nasional

Bagaimana pendapat kamu semua, besok asosiasi buruh mau melakukan aksi damai katanya. Masalahnya ada ketidak samaan dalam menghitung kebutuhan hidup layak (KHL) yang disepakati Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

KHL menurut kesepakatan itu hanya sekitar Rp 2,299 juta sedangkan asosiasi buruh menuntut 3,3 juta untuk tahun 2013. Wah ini bakalan ramai karena tuntutan para buruh tidak sesuai dengan kondisi ekonomi yang sedang terjadi di Industri, paling tidak tidak seragam di semua industi termasuk industri besar di Indonesia. Mungkin angka 3,3 juta masih tergolong umum, tetapi mungkin tidak berlaku untuk semua jenis buruh tetapi buruh dengan kemampuan skill minimal. Buruh tanpa skill akan sulit untuk mendapatkan pendapatan sebesar itu.

Kalau kita hitung secara detail pendapatan 3,3 juta itu berarti 13 750 rupiah per jam dengan menghitung libur juga dibayar. Sedangkan tenaga yang punya ketrampilan diluaran dengan usaha sendiri seperti tukang cukur akan punya pendapatan Rp. 20.000 per jam tapi libur tidak dibayar. Jadi angka tersebut mungkin masih terlalu tinggi karena masih menghitung libur dibayar, atau nanti malah tukang cukur minta naik tarifnya.

Atau mungkin rekan rekan punya pendapat yang lain tentang penghasilan minimum ini, silahkan comment di bawah ini.

Obat Exim Traditional

Obat kulit secara traditional memang banyak jenisnya, tetapi kalau obat untuk exim yang sudah puluhan tahun yang terletak di lutut kiri dan kanan tentu tidaklah mudah. Pengalamanku sendiri penyakit exim yang sudah puluhan tahun karena terjadi sejak mahasiswa membuatku frustasi untuk mengobati, karena memang obat dari dokter hanya bertahan sebentar. Setelah obatnya habis akan kambuh lagi dan bahkan lebih parah.



Obat yang sudah aku cobapun bukan hanya obat lokal saja, tetapi dari buatan Amerika sampai obat obat generik racikan sendiri sudah aku coba. Yang terakhir obat dari Dokter spesialis kulit racikan sendiri malah menyebabkan semakin melebar, malahan seperti tumbuh.

Seperti biasa namanya sakit menahun suka coba-coba. Sewaktu pulang kampung, adik di Kampung lagi mengkonsumsi obat biji mahoni, maka aku hancurkan dan dioleskan pada eximku. Alhamdullilah sepertinya cocok. Aku baru minum 2 biji (1 hari 1 biji) dan pada bagian yang sakit exim diolesi biji yang dihancurkan pakai tangan mulai mengering dan kelihatan tidak tumbuh melebar lagi.

Sampai hari ini sudah 2 minggu aku olesin itupun gak tiap hari, tapi eximnya kelihatan membaik dan warnanya mulai sama dengan kulit disebelahnya. Silahkan kalau mau coba, obat yang murah dan manjur. Kalau minum biji mahoni jangan ditaruh pada lidah bagian depan tapi bagian belakang sehingga tidak terasa pahit dan langsung di minum dengan air. Selamat mencoba, mau baca khasiat lengkapnya dari biji mahoni bisa baca disini Khasiat Biji Mahoni atau Mahogani.

Dilema Jokowi Belum Dicalonkan Jadi Presiden

Pada konggres PDI yang akan datang belum akan mencalonkan Jokowi sebagai Capres RI untuk periode 2014 - 2019 nanti. Katanya sih belum waktunya, karena pemilihan presiden masih lama. Alasan yang kurang bisa diterima menurutku sih. Mungkin PDI rada gemes juga pasalnya kan Jokowi ini masih anggota PDI yang terbilang Junior tapi pamornya sudah melebihi anggota anggota yang sudah Senior.

Kasus seperti ini sudah biasa terjadi di dunia kerja karena masing masing sebenernya sedang berkarir, hanya kalau karirnya terlihat sangat menonjol sampai sampai melebihi karir para seniornya, jadi bikin gak enak juga. Walaupun begitu pak Jokowi sih legowo saja, dia merasa masih belum cukup untuk membenahi kota Jakarta. Apapun yang beliau perjuangkan menurut saya sangat baik, apalagi untuk kemajuan ibu kota kita, mudah mudahan nanti akan banyak melahirkan Jokowi Jokowi yang lain yang sangat membanggakan kita semua. Hidup pak Jokowi.

PM Serbia diwawancarai Cewek Seksi Gak Pakai CD

Ini memang berita sudah agak lama, tapi saya baru baca. Yang beginian dipraktekin dengan tujuannya biar bikin orang stress atau keki. Tadinya sang PM ini rada kaget waktu sempet melihat bagian itunya. Si cewek seksi pewawancara ini memindah silangkan kakinya dan si PM juga karena berhadapan mau tidak mau memperhatikan object yang bergerak itu dan ternyata gak pakai CD. Tadinya sih mungkin rada gak percaya, ah barangkali warnanya sama dengan kulit sehingga susah membedakan atau pakai warna yang agak belang belang yang pinggirnya warna hitam kali. Setelah yang satu ini lewat lagi baru yakin kalau gak pakai.

Tadinya agak agak gimana gitu, rada keder kali ya, tapi karena sudah biasa sih ngadepin yang beginian, si PM bisa kembali tenang, walaupun anunya tegang.


Hasil SNMPTN 2013

Hasil seleksi tanpa tes masuk perguruan tinggi di seluruh Indonesia diumumkan hari ini jam 16:00 sore tadi. Ini adalah hasil seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan nilai SMU kelas 1 sampai kelas 3 di sekolah masing masing. Setelah era internet ini proses seleksi dan pengumuman sungguh sederhana dan sangat memudahkan bagi siswa yang ingin masuk perguruan tinggi, gak seperti jaman saya, mendaftar saja pakai ngantri berdesak desakan seperti di UGM dulu, ada yang ngantri dari jam 3 pagi, didepan loket pendaftaran sambil bawa tiker biar bisa ngantri paling depan pada jam 8 pagi. Kalau dah dapat nomor pendaftaran juga belum tentu diterima, bagi yang diterima juga belum tentu lulus, karena jaman dulu jamannya susah, lulus aja susah, sudah lulus belum tentu kerjanya enak.

Cara melihat hasil SNMPTN tahun 2013 bisa langsung dari website dan memang harus lewat website. Bagi yang tidak mempunyai fasilitas ini bisa dibantu melalui internet di sekolah masing masing. Caranya adalah dengan mengunjungi alamat ini http://snmptn.ac.id kemudian mengisi data data sesuai nomor pendaftaran masing masing dan tanggal lahir siswa.

Contohnya seperti ini (contoh nomor dan tangal lahir yang saya masukkan  hanya rekaan jadi tidak asli):

 
Setelah data siswa kita masukan maka akan muncul hasilnya, bagi yang lulus tentunya ada ucapan selamat dan diterima di perguruan tinggi mana disebutkan disitu, bagi yang tidak lulus tentu memberi tahu kalau tidak lulus, contoh yang lulus seperti dibawah ini:
 


Saya ucapkan selamat bagi yang sudah diterima di perguruan tinggi yang anda harapkan sesuai pada waktu memilih.

Disiplin dan Rajin

Apa bedanya disiplin dan rajin, disiplin adalah menepati janji sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. Disiplin adalah komitmen yang tinggi sesuai dengan rencana. Sedangkan rajin belum tentu disiplin tetapi rajin untuk melakukan sesuatu secara teratur, tetapi waktunya lebih longgar.

Ada 2 prinsip mendasar yang sangat berbeda dalam perjalanan hidup
  • Sewaktu kita sekolah kita sangat dituntut dengan yang namanya disiplin, karena dengan disiplin kita akan sukses belajar. Mau masuk perguruan tinggi, kita tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan rajin belajar, karena waktu sewaktu masih aktif sekolah sangat terbatas, sehingga sangat diperlukan disiplin dalam membagi waktu buat belajar. Misal bangun harus azan subuh, terus belajar 1 jam sebelum berangkat setiap hari, pulang jam 3 sore, terus sholat, membantu orang tua dan belajar pada waktu yang tepat sesuai schedule itu sangat penting.
  • Tetapi sesudah bekerja, konsep ini sangat berbeda, disiplin saja tidak akan atau sulit untuk membuat sukses. Bekerja bisa sukses jika rajin. Bisnis juga bisa sukses kalau kita rajin. Disipllin saja tidak akan membuat sukses bekerja. Sebagai contoh, orang buka toko jam 6:00 pagi teng, tutup jam 5:30 sore tepat waktu, tapi yang beli tidak ada, maka toko bangkrut, disiplin tidak cukup membuat sukses.. Kalau tokonya sepi maka harus rajin keliling ditawarin ke orang lain, ini baru meningkatkan omset, dan mendorong untuk sukses.

Budidaya Gurame dari Telor pakai Terpal

Apa bisa ya, membudidayakan gurame dari telur menggunakan terpal. Jelas bisa, yang penting kondisi air di terpal lingkungannya seperti di alam, banyak mengandung makanan alami untuk larva gurame yang notabene masih memakan plankton dan paling juga kutu air dan tumbuhan lumut. Anak gurame yang makan lumut dan kutu air juga yang sudah berumur paling tidak dua (2) minggu.

Tetapi karena biasanya kondisi di terpal membutuhkan waktu agak lama agar menyerupai di alam, maka anak gurame yang dibudidayakan di terpal yang sudah berumur satu (1) bulan karena sudah kuat terhadap sedikit perbedaan kondisi air dengan alam. Sejalan dengan waktu anak gurame ini akan beradaptasi dengan kondisi sekitarnya.

Nah begitulah uraian singkat mengenai membudidayakan gurame dari mulai telur dengan menggunakan terpal. Jadi pertama telur gurame harus ditetaskan dulu di tempat khusus seperti aquarium atau di ember plastik. Setelah itu dibesarkan selama sebulan di tempat khusus seperti bak air atau aquarium baru dimasukkkan ke dalam kolam terpal.