Budidaya Jamur Merang

Jamur termasuk tumbuhan yang menurut saya sangat luar biasa, jika tumbuhan lain mungkin hanya tumbuhan tertentu saja yang bisa dikembangkan secara vegetative, tumbuhan lain hanya bisa berkembang biak secara generative, dengan kemajuan teknologi semua tumbuhan bisa dikembangkan secara kurtur jaringan walaupun tidak dengan cara yang mudah. Khusus tumbuhan jamur bisa dikembangkan dengan ketiga cara tersebut dengan cara yang sangat sederhana, tinggal ditaruh dan biarkan, asal medianya sesuai maka jamur akan berkembang biak dengan sangat cepat.


Walaupun dari banyak petunjuk cara budidaya jamur merang atau button mushroom mengharuskan menggunakan bibit yang dijual, tetapi secara biology tumbuhan ini bisa berkembang dengan sangat cepat dan berkembang dengan mudah asal media tumbuhnya sesuai dan tidak ada penyakit tentunya.

Dengan pengetahuan ini aku punya pendapat bahwa, petani yang pandai tidak perlu membeli bibit berulang ulang, tetapi hanya cukup sekali tetapi digunakan bersambung terus, miselium dari media yang sedang subur dipindahkan ke media jamur yang baru dan jangan sampai berhenti, bersambung terus, maka petani tidak perlu membeli bibit jamur yang baru, tetapi menyambung dari miselium yang sedang tumbuh ke media baru dan tidak menunggu miselium menjadi tua.

Untuk hal ini aku sedang mempraktekan menanam jamur merang ditempat yang kecil sehingga mudah diamati dan dipindahkan atau diambil meseliumnya kemudian dipindahkan ke media yang masih segar terus menerus, sehingga panen akan terus bersambung sedangkan bibit tidak usah beli lagi. Gambar pengomposan media ditempat yang kecil bisa dilihat pada gambar dibawah. Dalam media yang kecil ini ternyata suhu kompospun bisa mencapai 60 derajat celcius. Hasilnya ntar seminggu lagi ada reportnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )