Budidaya Jamur Merang

Untuk budidaya jamur merang tidak bisa dibilang gampang, selain membutuhkan bahan bahan yang mungkin sulit diperoleh pada daerah daerah tertentu, jamur merang merupakan tumbuhan micro (fungi), yang termasuk tumbuhan yang sangat mudah terserang penyakit dan sangat mudah ditumbuhi jamur lain pada saat penanaman jamur merang.

Selain aku sendiri sudah pernah menanam jamur merang ini, juga aku sangat tertarik degnan perkembangan jamur yang menurutku sangat ajaib. Bayangkan dari sepotong jamur (irisan jamur) bukan satu buah tapi sepotong kecil, bisa ditanam menjadi ratusan bahkan ribuan kumbung jamur, yang pada saat panen 1 kumbung bisa menghasilkan 50 kg jamur sampai 100 kg jamur. Karena pada saat pembibitan jamur merang ini sudah menggunakan teknologi yang tergolong canggih, kultur jaringan, coba baca disini mengenai Jamur Merang.

Mengena proses pembibitannya sendiri melalui beberapa tahap seperti, tahap isolasi, pembuatan bibit, budidaya jamur, pengolahan jamur. Sebagian dari tahap tahap tersebut sudah aku tulis disini, Isolasi Jamur Merang.

Aku juga sudah menuliskan tentang bagaimana membuat media untuk menanam jamur merang ini, yang untuk petani bisa dibilang tidak mungkin karena prosesnya betul betul membutuhkan laboratorium yang hanya pernah dilakukan oleh ahli microbiologi atau ahli botani, atau para mahasiswa yang sudah pernah melakukan penelitian tentang isolasi microorganisma. Medianya disebut dengan PDA (Potato Dextrose Agar). Proses membuat PDA bisa dilihat di Producing PDA.

9 komentar:

  1. makacie yac taz penjelasanNa................
    berkat artikel kamoe ckrang Q udc jdi pengusaha jamur meRanG.
    ThanX yac cmoga mSux SoerGa,,,,,,,,,,cma Q ja dzna Y
    TunGgU yac.....
    Klw Mo konTak Ma Q huB kzzzne Yc
    Widha27791@gmail.com

    BalasHapus
  2. Gimana nih usahanya sekarang apa sudah berhasil?

    BalasHapus
  3. Halloo..
    saya ari, mahasiswa di jogja. saya tertarik juga untuk membudidayakan jamur merang, tapi di daerah saya tinggal suhunya sangat kurang yaitu sekitar 24 derajad celcius, gimana ya supaya rumah jamurnya dalam suhu 30 derajad ?? klo di beri alat pemanas ruang kira2 apa alatnya ?? trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Buat Aria, jamur merang kurang bagus pada temperatur yang terlalu dingin. 24 derajat termasuk dingin, tentunya itu siang hari, la kalau malam akan lebih dingin lagi bisa bisa 20 derajat. Jamur merang tidak akan tumbuh dengan baik, bisa bisa gak mau tumbuh sama sekali. Kalaupun jadi buah biasanya akan berwarna hitam, tidak menarik seperti biasanya yang puting bersih...

    BalasHapus
  5. ya kalau bisa keterangan yang ada menggunakan bahasa kia dong kalau bahasa inggris mengartikannya aja dah susah belum lagi memhaminya. tapi bagus banget sih.......

    BalasHapus
  6. kalau boleh penjelasannya bahasa indonesia dong........

    BalasHapus
  7. Penjelasan dalam bahasa Indonesia di Indonesian Food Forage bisa dengan mudah diubah ke dalam bahasa Indonesia, dengan menggunakan browser Firefox. Walaupun begitu ntar bisa saya sediakan toolsnya secara langsung agar bisa langsung di convert ke Bahasa Indonesia. Thanks atas commentnya.

    BalasHapus
  8. sentral kumbung jamur jakarta menjual berbagai peralatan budidaya jamur merang.media tanam. bibit jamur merang siap tebar.dan kami bantu bagi anda yang baru mau buka usaha budidaya jamur merang tentang tatacara tanam dr cara buat kumbung. cara ngompos. pasteurisasi. nebar bibit samapi panen. dan kami juga siap membeli jamur hasil panennya sampai jumlah besar . alamt klp gading ujung jakarta utara.hp. 081388578986

    BalasHapus
  9. memang budidaya jamur merang sangat menguntungkan jika pengelolaannya benar, tetapi penyakitnya juga sangat banyak dan ada beberapa penyakit yang sangat mematikan. Untuk hal ini bisa dilihat disini Penyakit Jamur Merang

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )