Budidaya Jamur Merang

Untuk budidaya jamur merang tidak bisa dibilang gampang, selain membutuhkan bahan bahan yang mungkin sulit diperoleh pada daerah daerah tertentu, jamur merang merupakan tumbuhan micro (fungi), yang termasuk tumbuhan yang sangat mudah terserang penyakit dan sangat mudah ditumbuhi jamur lain pada saat penanaman jamur merang.

Selain aku sendiri sudah pernah menanam jamur merang ini, juga aku sangat tertarik degnan perkembangan jamur yang menurutku sangat ajaib. Bayangkan dari sepotong jamur (irisan jamur) bukan satu buah tapi sepotong kecil, bisa ditanam menjadi ratusan bahkan ribuan kumbung jamur, yang pada saat panen 1 kumbung bisa menghasilkan 50 kg jamur sampai 100 kg jamur. Karena pada saat pembibitan jamur merang ini sudah menggunakan teknologi yang tergolong canggih, kultur jaringan, coba baca disini mengenai Jamur Merang.

Mengena proses pembibitannya sendiri melalui beberapa tahap seperti, tahap isolasi, pembuatan bibit, budidaya jamur, pengolahan jamur. Sebagian dari tahap tahap tersebut sudah aku tulis disini, Isolasi Jamur Merang.

Aku juga sudah menuliskan tentang bagaimana membuat media untuk menanam jamur merang ini, yang untuk petani bisa dibilang tidak mungkin karena prosesnya betul betul membutuhkan laboratorium yang hanya pernah dilakukan oleh ahli microbiologi atau ahli botani, atau para mahasiswa yang sudah pernah melakukan penelitian tentang isolasi microorganisma. Medianya disebut dengan PDA (Potato Dextrose Agar). Proses membuat PDA bisa dilihat di Producing PDA.