Retrograde Motion (2)

Retrograde Motion yang terjadi pada planet Mars sebenarnya adalah gerak semu yang terjadi bila dilihat dari Bumi, gerak ini disebut gerak relatif (Hk. Einstain ttg gerak Relatif). Pada keadaan normal memang kecepatan revolusi bumi mengelilingi matahari adalah lebih cepat dibanding planet Mars, sehingga pada titik tertentu gerakan planet mars di langit seperti berbalik arah padahal gerak bumi inilah yang sebenarnya menyalip planet mars pada garis edarnya masing masing. Gerak ini bisa dilihat dengan mata telanjang hanya pada malam hari, jadi kalau peristiwa tersebut tidak pada malam hari ya gak bisa dilihat.

Gerak Retrograde ini juga terjadi secara relatif terhadap bumi untuk planet planet yang lain yang jaraknya lebih jauh dari bumi ke Matahari, hanya planet tersebut tidak akan jelas dilihat dengan mata telanjang di malam hari. Revolusi planet planet lain yang jaraknya lebih jauh otomatis lebih lama lagi. Penjelasan mengenai gerakan retrograde ini bisa dilihat animasinya disini: http://www.astro.uiuc.edu/projects/data/Retrograde/

Sent by: Online Learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )