Langsung ke konten utama

Komposisi Elektroplating Krom (Chromium)

Komposisi Campuran Bahan Kimia Elektroplating

Komposisi electroplating yang bisa digunakan dalam proses elektroplating bisa bervariasi dari 50 gr/lt sampai larutan jenus, tetapi komposisi yang umum digunakan biasanya antara 150 hingga 400 gram per liter. Dalam proses electroplating ini tidak akan bisa menggunakan larutan murni chrom saja tetapi harus menggunakan katalis, katalis yang digunakanpun bukan katalis yang mahal atau sulit yaitu asam sulfat (H2SO4). Komposisi katis:Chrom ini sebenarnya bisa antara 1:50 sampai 1:250, tetapi lebih disukai antara 1:70 sampai 1:100 tergantung pada tujuan pemakaiannya.

Perbandingan untuk penggunaan umum adalah 1:90, untuk tujuan hard Cromium adalah 1:70 sampai 1:80 pada temperatur tinggi. Uraian Prosesnya yang lebih koplit coba lihat disini. Electroplating Bath (2).

Tips: Dalam mencampur asam sulfat dengan cairan (air) tidak boleh memasukkan air kedalam asam sulfat, tetapi masukkanlah asam sulfat sedikit demi sedikit ke dalam air, karena asam sulfat sangat eksortem jika air yang dimasukkan ke dalam asam sulfat maka asam langsung mendidih malah bisa memercik keluar, ini berbahaya!!

Baca yang ini: Dull Black Chrome Plating, Dull white chrome plating, black chrome plating, bright chrome plating, hard chrome plating, chrome plating, chromium electroplating, electroplating process

Komentar

Unknown mengatakan…
saya mau tanya,
perbandingan krom yang digunakan disebutkan 1:70, maksudnya gmana?
yang "1" nya apa dan yang "70' nya apa?
makasih

email : karunia.agung33@gmail.com
andika mengatakan…
gimana cara caranya?
apa di smua toko kimia ada?
tolong kirim ke email
nitrostreets@yahoo.com
Adi mengatakan…
1:70 adalah perbandingan katalis dengan asam kromat, katalisnya asam sulfat. Biasanya perbandingan berat. Jika asam sulfatnya mempunyai BJ (misal 1,5) maka berat asam sulfat per mili liternya adalah 1,5 gram.

Postingan populer dari blog ini