Komposisi Elektroplating Krom (Chromium)

Komposisi electroplating yang bisa digunakan dalam proses elektroplating bisa bervariasi dari 50 gr/lt sampai larutan jenus, tetapi komposisi yang umum digunakan biasanya antara 150 hingga 400 gram per liter. Dalam proses electroplating ini tidak akan bisa menggunakan larutan murni chrom saja tetapi harus menggunakan katalis, katalis yang digunakanpun bukan katalis yang mahal atau sulit yaitu asam sulfat (H2SO4). Komposisi katis:Chrom ini sebenarnya bisa antara 1:50 sampai 1:250, tetapi lebih disukai antara 1:70 sampai 1:100 tergantung pada tujuan pemakaiannya.

Perbandingan untuk penggunaan umum adalah 1:90, untuk tujuan hard Cromium adalah 1:70 sampai 1:80 pada temperatur tinggi. Uraian Prosesnya yang lebih koplit coba lihat disini. Electroplating Bath (2).

Tips: Dalam mencampur asam sulfat dengan cairan (air) tidak boleh memasukkan air kedalam asam sulfat, tetapi masukkanlah asam sulfat sedikit demi sedikit ke dalam air, karena asam sulfat sangat eksortem jika air yang dimasukkan ke dalam asam sulfat maka asam langsung mendidih malah bisa memercik keluar, ini berbahaya!!

4 comments:

  1. saya mau tanya,
    perbandingan krom yang digunakan disebutkan 1:70, maksudnya gmana?
    yang "1" nya apa dan yang "70' nya apa?
    makasih

    email : karunia.agung33@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Maaf Pak/Karunia baru saya baca, untuk perbandingan tersebut bisa lebih jelasnya dipelajari di sini Chromium ELectroplating Hanya artikelnya dalam bahasa inggris.

    ReplyDelete
  3. gimana cara caranya?
    apa di smua toko kimia ada?
    tolong kirim ke email
    nitrostreets@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. 1:70 adalah perbandingan katalis dengan asam kromat, katalisnya asam sulfat. Biasanya perbandingan berat. Jika asam sulfatnya mempunyai BJ (misal 1,5) maka berat asam sulfat per mili liternya adalah 1,5 gram.

    ReplyDelete

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )