Komposisi Elektroplating Krom (Chromium)

Komposisi Campuran Bahan Kimia Elektroplating

Komposisi electroplating yang bisa digunakan dalam proses elektroplating bisa bervariasi dari 50 gr/lt sampai larutan jenus, tetapi komposisi yang umum digunakan biasanya antara 150 hingga 400 gram per liter. Dalam proses electroplating ini tidak akan bisa menggunakan larutan murni chrom saja tetapi harus menggunakan katalis, katalis yang digunakanpun bukan katalis yang mahal atau sulit yaitu asam sulfat (H2SO4). Komposisi katis:Chrom ini sebenarnya bisa antara 1:50 sampai 1:250, tetapi lebih disukai antara 1:70 sampai 1:100 tergantung pada tujuan pemakaiannya.

Perbandingan untuk penggunaan umum adalah 1:90, untuk tujuan hard Cromium adalah 1:70 sampai 1:80 pada temperatur tinggi. Uraian Prosesnya yang lebih koplit coba lihat disini. Electroplating Bath (2).

Tips: Dalam mencampur asam sulfat dengan cairan (air) tidak boleh memasukkan air kedalam asam sulfat, tetapi masukkanlah asam sulfat sedikit demi sedikit ke dalam air, karena asam sulfat sangat eksortem jika air yang dimasukkan ke dalam asam sulfat maka asam langsung mendidih malah bisa memercik keluar, ini berbahaya!!