Langsung ke konten utama

Membuat Ramp Pump Atau Hydram Pump (Pompa Tanpa Listrik)

Judulnya seolah aneh saya juga kurang tahu presis mengenai namanya tetapi yang muncul memang namanya begitu, mirip mirip dengan nama lainnya. Okelah gak apa apa, sekarang kita masuk ke topiknya.

Ramp Pump ini adalah pompa tanpa listrik bukan tanpa energy, jangan salah mengerti. Karena semua pompa pasti butuh energy hanya bentuk energynya bisa berbeda beda. Pompa ramp pump ini menggunakan energy gerakan air atau air mengalir. Pompa ini dipasang pada level yang lebih rendah dari air mengalir tersebut jadi bisa dibagian hilir dari sungai. 

Dengan memanfaatkan energy air yang mengalir ini maka air yang masuk ke dalam ramp pump akan diubah menjadi energy tekanan, sehingga bisa mengangkat air ke level yang jauh lebih tinggi. Yang berpengaruh pada besarnya energy tekanan ini yaitu kecepatan airnya dan diameter pipanya sehingga menimbulkan gaya berat yang diubah menjadi energy tekanan. 

Dalam prakteknya cara membuat ramp pump ini justru lebih sederhana karena hanya menggunakan minimal 2 check valve saja, tergantung model yang ingin dibuat. Sebagai contoh saya membuat ramp pump dirumah dengan sumber air dari kolam ikan yang letaknya sekitar 1 m diatas lantai rumah jadi air bisa mengalis. 

Cek videonya disini:



Komentar

Postingan populer dari blog ini