Langsung ke konten utama

KIpas Angin AC atau Mini AC

 Kita tentu sudah mengenal apa yang disebut dengan kipas angin. Tetapi untuk kipas angin AC mungkin dikenal lewat kipas blower yang menggunakan air dan menyemburkan air. Sekarang banyak sekali orang menjual mini ac. Jika dilihat sebenernya lebih tepat disebut sebagai mini blower yang menyemburkan air. Tetapi karena bentuknya mini, jadi efeknya ke lingkungan juga kecil. 

Kipas angin ac ini menggunakan bahan penyerap air bisa terbuat dari kertas atau kain, tetapi kebanyakan terbuat dari kertas karena murah. Karena hargnya yang murah, kipas angin ini sering sekali bermasalah. Masalah kipas angin ac biasanya adalah airnya banjir, seperti pada video dibawah. 


Kipas angin ini bisa berfungsi lagi dengan baik setelah dimodifikasi dengan membuat penutup yang rapat sehingga airnya tidak melimpah. Pada video dibawah bagaimana cara memodifikasi kipas angin ac agar arinya tidak melimpah. Memang tidak praktis tetapi permasalahan jadi teratasi. Paling tidak ini bisa memberikan ide untuk dikembangkan selanjutnya. 


Untuk pemakaian jangka panjang bukan tidak mungkin timbul masalah yang baru seperti misalnya jalur air yang tersumbat. Karena memang jalurnya kecil sekali sehingga kemungkinan besar akan tersumbat oleh kotoran air yang timbul. Kotoran bisa saja bukan dari airnya tetapi dari tumbuhnya lumut pada dinding penampung air. Setelah dimodifikasi cara mengatasi permasalahan kipas angin ac ini jadi lebih mudah atau perawatan kipas angin ac jadi lebih mudah. Bisa dilihat pada video dibawah ini:



Komentar

Postingan populer dari blog ini