Langsung ke konten utama

Cara menggunakan Lem kayu UF

Mungkin sudah ada yang kenal dengan yang namanya lem kayu UF. Kalau yang suka berkecipung di dunia lem leman kayu biasanya sih sudah sering dengar dengan lem kayu UF. UR itu singkatan dari Urea formaldehyde. Karena seringnya urea formaldehyde digunakan sebagai lem kayu, maka dari kaleng lem ini suka diberi nama lem kayu UF. Secara detail mengenai lem kayu yang berasal dari urea formaldehyde ini bisa dibaca di Wood Glue Urea Formaldehyde.

Lem kayu UF ini bisa tersedia dalam bentuk cair atau biasa disebut sebagai resin dengan kemasan kaleng, atau bisa juga dalam bentuk bubuk atau UF Powder yang warnanya putih.


Nah kalau yang bentuk cair atau bentuk resin tinggal ngolesin saja di kayunya atau kalau ramuannya masih terpisah seperti belum ditambah filler atau belum ditambah hardener, mungkin perlu mencampur dengan bahan tersebut dulu baru dioleskan, jelasnya bisa dibaca di kalengnya.

Khusus untuk yang bentuk powder ini caranya hanya dicampur dalam air dengan ditambah bahan pengisi (filler) dan bahan pengeras (hardener). Diaduk sampai rata dan dioleskan ke kayu yang mau di lem. Karena UF ini memiliki titik curing, dimana UF akan berubah menjadi bahan plastik yang tidak bisa kembali ke awal lagi, jadi dalam mencampur dengan hardener ataupun dengan filler sebaiknya langsung digunakan. Titik curing ini bersifat tergantung pada waktu dan temperature, semakin panas maka semakin cepat berubah bentuk, dalam keadaan dinging butuh waktu selama 24 jam bahkan bisa lebih, tetapi kalau dipanaskan dalam termperature sampai 70 oF bisa dalam waktu 4 jam sudah kering. Untuk cara menggunakan UF powder ini dan takarannya bisa bervariasi kalau mau pakai sebaiknya baca di kemasannya.

Coba baca yang ini biar nongol: Klik Adsense tetap 0

Komentar

Postingan populer dari blog ini