Langsung ke konten utama

Melepas Double Tape dari Barang

Kita sering menggunakan 3M double tape untuk ditempel disuatu tempat dengan cepat dan biasanya sifatnya sementara. Setelah barang ditempel dilepas maka sisa double tape itu masih menempel bisa di benda yang ditempel atau menempel pada tempat menggantung barang itu. Ini jadi masalah karena biasanya kita garuk garuk pakai tangan, sembari gak bisa bersih sekali tapi ya lumayan bisa agak bersih walaupun masih agak lengket dikit.

Cara membersihkan sisa double tape yang masih menempel ini sebenernya adalah kita kembali pada apa sebenernya pelarut perekat yang digunakan untuk membuat pita tersebut menempel. Produk 3M double tape ini sebenernya sudah lama digunakan untuk menutup amplop karena lebih cepat dan bersih, tidak belepotan saat menempelkannya, gak seperti menggunakan lem colek. Jadi sebenernya bahan untuk membuat 3M adhesive double tape ini sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat stiker atau amplop yang ada lemnya, dimana diatas lem stiker ini ditempel kertas glasin yang tidak menempel pada lem stiker ini.

Jadi untuk melepas sisa double tape dari barang yang ditempel sebaiknya menggunakan pelarut yang digunakan untuk melarutkan lem stiker. Nah kalau saya beli lem stiker di Bandung maka pelarutnya adalah alkohol, jadi untuk melepas sisa double tape yang masih melekat sebaiknya menggunakan alkohol. Bisa dicoba dengan alkohol 70% dulu yang biasa dijual di apotek, tapi ini masih banyak mengandung air, jadi mungkin tidak cepat kering dan lemnya malah jadi lengket. Atau bisa dicoba dengan yang lebih baik yaitu dengan alkohol 90% dan langsung dilap pakai tisue atau kain. Nah begitu...

Artikel yang lalu:

Komentar

Postingan populer dari blog ini