Memulai Bisnis Tanpa Modal

Dari banyak tulisan yang saya baca di Internet ini banyak yang menawarkan bisnis tanpa modal, tapi kebanyakan juga tanpa hasil. Sehingga sangatlah sulit untuk dijadikan sumber penghasilan yang tetap, apalagi kalau buat mereka yang bener bener baru mulai bisnis dan membutuhkan penghasilan dengan segera.

Kebanyakan yang mereka tawarkan adalah usaha jasa seperti jasa menulis isi web, tapi ini perlu modal internet dan komputer, atau ke warnet, ini adalah pemborosan, bukan menghasilkan uang malah buang uang. Sama juga sebagai blogger, atau bisnis online yang memang butuh alat komunikasi yang tersambung dengan internet, hasilnya belum tentu dapat uang.

Bagaimana kalau kita memulai bisnis dengan tanpa modal, tapi modal uang buat naik angkutan umum atau uang bensin misal anda harus pinjam motor paling tidak harus ada. Kalaupun gak ada mungkin bisa menggunakan langkah berikut. Kalaupun gak ada paling tidak punya modal buat sarapan. Hal yang perlu dilakukan bisa seperti cara ini:
  • Hubungi pengepul barang bekas, seperti botol aqua bekas, plastik bekas, besi bekas dan buat kesepakatan bagaimana apa mau membeli barang bekas dari anda?
  • Kumpulkan barang bekas dan cari di jalan sebanyak mungkin
  • Iritlah buat kebutuhan anda dan usahakan untuk punya uang lebih dan kumpulkan sedikit demi sedikit
  • Dari barang bekas yang anda kumpulkan mungkin ada yang bisa dipakai buat pot buat kandang ayam, buat kandang burung dlsb atau buat tempat ikan.
  • Sambil anda masih mengumpulkan barang bekas cobalah apakah barang bekas yang anda temukan bisa dimodif dan dijual atau hanya bisa dipakai sendiri.
  • Cobalah anda gunakan barang bekas tersebut, misal buat ternak, buat ikan, buat pot tanaman. Dan mulailah anda belajar menanam, memelihara ternak atau memelihara ikan.
  • Mungkin anda butuh waktu 1 sampai 2 tahun untuk bisa paham multi usaha yang anda tekuni itu tetapi tidak usah kuatir, banyak pengusaha lain yang sudah 1 atau 2 tahun lebih malah bangkrut karena mereka tidak paham dan akar bisnis mereka.
  • Untuk bisa paham bertani anda butuh waktu, misal menanam cabai, menanam terong, menanam kangkung, menanam daun bawang dan sebagainya. Anda harus mencoba dan menganalisa, mengapa tidak subur, mengapa mati, mengapa buahnya sedikit, mengapa buahnya jatuh sebelum tua dan sebagainya. Ini butuh waktu paling sedikit satu tahun. Setelah bisa apakah pasarnya ada, apa pasang surut, apa banyak permainan tengkulak dan sebagainya.
  • Untuk beternak burung puyuh yang waktunya lebih pendek dari pada unggas lain, belajarlah mulai dari menetaskan burung dengan memanfaatkan barang bekas, butuh waktu paling sedikit 3 bulan, terus memelihara anak puyuh yang benar dan sehat paling sedikit butuh waktu 3 kali memelihara. Untuk membesarkan dan bertelor dan dapat memisahkan jantan dan betina paling tidak anda butuh waktu 3 bulan.  Baru anda bisa belajar lebih lanjut mulai memiliki indukan dengan mulai memilih betina indukan dan jantan pilihan guna mempunyai telor yang ditetaskan sendiri. Total waktunya 1,5 tahun. Tapi semua itu tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar cukup menggunakan tabungan anda yang mungkin hanya 500 ribu rupiah saja.
Jika anda bisa menekuni dengan benar maka dalam waktu 5 tahun anda sudah jadi pebisnis yang diawali dengan tanpa modal. Cara lain bisa juga misal dengan bekerja di perusahaan orang, dan sambil anda mencoba coba bisnis tersebut tetapi terus dikembangkan dan dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )