Skip to main content

Bahan Bahan Electroplating

Tadinya cuma tulis tulis diblog mengenai Electroplating, tetapi setelah dibaca panjang banget ceritanya dan mulailah mencoba coba proses ini sendiri. Bahan bahan jelas beli dari toko kimia, dan ada beberapa yang jualan bahan untuk electroplating meskipun bukan toko kimia khusus untuk electroplating. Jadinya bahanya kurang lengkap.

Bahan yang dibutuhkan untuk percobaan ya biasa saja sudah disebutkan di artikel Chrom Plating, yaitu Asam Chromat, Electroda yang satu sebagai Katoda dan satunya sebagai Anoda. Katodanya biasanya dari timbal sedangkan anodanya adalah bahan yang akan dilapis krom. Aki mobil sebagai sumber arus kalau bisa yang 100 A jadi gak cepet soak.

Dari data data yang aku baca mengenai Chromium Plating dari artikel dan juga informasi dari internet seperti di Electroplating Process ternyata belum semuanya tercantum di panduan tersebut. Ada beberapa hal yang harus dicari dari pengalaman, dan pengalaman ini gampang kita dapatkan dari suplier bahan kimia untuk electroplating.

Dari Percobaan yang pernah aku lakukan, electroplating dengan mencoba coba mengubah ubah besarnya ampere maupun tegangan listriknya, tetapi menghasilkan lapisan chrom yang tidak mengkilat. Nempel sih nempel tetapi tidak kuat dan tidak mengkilap. Ini yang bikin jadi frustasi buat mencobanya. Dipanduan tidak disebutkan bahannya jadi hanya ada yang namanya Brighteners tetapi menyebutkan nama nama bahan bahan kimia yang terkadang sulit dicari. Ini yang membuat percobaan sendiri jadi terhenti.

Saat ini banyak toko toko kimia yang menyediakan bahan yang sudah jadi seperti Nickel Brightener atau Chromium Plating Brightener sehingga orang bisa mencoba coba sendiri tetapi hasilnya bisa memuaskan. Bahan bahan tersebut disebutnya sebagai bahan additive dalam proses kimia, tetapi pengaruhnya sangat hebat. Seperti kalau kita menggunakan yang namanya Essen, pemakaiannya sangat sedikit tetapi kalau pakai essen rasa jeruk misalnya, maka semuanya akan berubah rasa menjadi rasa jeruk, walaupun hanya satu tetes untuk satu ember. Ok begitu saja pengalamanku, selamat mencoba.

Comments

Ayu Yuliawaty said…
Nama kimianya untuk brightener itu apa?
K Susilowati said…
Dalam kemasan tidak menyebutkan senyawa kimia paling juga merknya.

Popular posts from this blog