Skip to main content

Kontribusi Pembangunan Ekonomi

Untuk bisa ikut berperan dalam pembangunan ekonomi intinya hidup itu harus bekerja sama supaya bisa saling mensuport, setuju apa gak? Yang penting prakteknya bagaimana masalah kontribusinya belum seberapa itu tidak masalah. Kalau bicara ekonomi Indonesia kan terlalu besar dan berat, tetapi lebih baik pada kontribusi kita dalam ekonomi skala kecil, karena itu adalah gambaran dari ekonomi yang lebih besar.

Sebagai contoh ada cerita tentang bagaimana seorang petani bisa memperoleh penghargaan karena bisa menghasilkan produk yang kualitasnya bisa dikatakan luar biasa. Katakan kalau padi per hektarnya bisa 15 ton, padahal umumnya 8 ton, begitu.

Petani tersebut adalah petani jagung, wartawan menanyai mengapa dia bisa super sekali. Singkat kata jawab petani, saya bisa begini karena saya membagi bagikan benih kepada petani lainya. Mengapa bisa begitu apa ini karena anugerah Allah sehingga karena kedermawanannya sehingga Allah memberi lebih kepada petani tersebut.

Ternyata tidak hanya itu, tetapi penjelasan ilmiahnya adalah karena untuk bisa menghasilkan buah jagung dengan kualitas terbaik, harus dikawinkan dengan serbuk sari dengan kualitas terbaik pula. Persilangan serbuk sari dg putik lebih banyak karena diterbangkan oleh angin, kalau tetangganya menanam jagung dengan kualitas buruk maka akan ikut buruk juga kualitas jagungnya. Begitu, jadi lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan baik ekonomi, kualitas, pergaulan dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog