Pemimpin Dengan Gagasan Hebat

Untuk saat ini memang masih sangat sedikit ada pemimpin dengan gagasan hebat, yang berniat memberi kesejahteraan rakyat. Swasembada pangan misalnya, kalau bisa malah ekspor pangan ke seluruh dunia. Ini bukan hanya bagaimana membuat varietas unggul tapi bagaimana memanfaatkan lahan tidur di Indonesia yang begitu luas. Bayangkan ada berapa ribu hektar lahan nganggur di sepanjang jalan yang kita lalui di pulau jawa, belum lagi di luar jawa.

Gagasan suharto tentang membuat sawah baru waktu itu memang hebat, tapi gagasan doang, implementasinya tidak dipikirkan secara matang. Proyek dijalankan, sawah dibangun dibekas rawa rawa. Setelah dibangun mungkin gak ada yang tanam wong tempatnya terpencil sulit dijangkau barangkali. Lahan tidur yang sudah dibangunkan sekarang ya tidur lagi, mungkin sudah jadi rawa rawa lagi. Duit habis proyek gagal, utang menumpuk, ekonomi gagal.

Kalau proyek 1 juta hektar sawah berhasil maka panennya kalau hitungan sekarang kira kira akan menghasilkan 35 trilyun untuk sekali panen, kalau 1 tahun 2 kali maka bisa 70 trilyun per tahun. Ini kan uang yang sangat banyak bagi negara. Perusahaan Astra International saja pada tahun 2011 keuntungannya hanya 1,35 trilyun, lah ini 70 trilyun. Sebenernya kalau berhasil kan bisa ditingkatkan pada tahun berikutnya, sayangnya gagasannya doang yang hebat, tapi implementasinya tidak hebat, makanya hancur. Bagaimana pemimpin sekarang, mimpi apa yang kau jual? Bagaimana realisasinya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )