Skip to main content

Besok Selasa Buruh Demo Nasional

Bagaimana pendapat kamu semua, besok asosiasi buruh mau melakukan aksi damai katanya. Masalahnya ada ketidak samaan dalam menghitung kebutuhan hidup layak (KHL) yang disepakati Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

KHL menurut kesepakatan itu hanya sekitar Rp 2,299 juta sedangkan asosiasi buruh menuntut 3,3 juta untuk tahun 2013. Wah ini bakalan ramai karena tuntutan para buruh tidak sesuai dengan kondisi ekonomi yang sedang terjadi di Industri, paling tidak tidak seragam di semua industi termasuk industri besar di Indonesia. Mungkin angka 3,3 juta masih tergolong umum, tetapi mungkin tidak berlaku untuk semua jenis buruh tetapi buruh dengan kemampuan skill minimal. Buruh tanpa skill akan sulit untuk mendapatkan pendapatan sebesar itu.

Kalau kita hitung secara detail pendapatan 3,3 juta itu berarti 13 750 rupiah per jam dengan menghitung libur juga dibayar. Sedangkan tenaga yang punya ketrampilan diluaran dengan usaha sendiri seperti tukang cukur akan punya pendapatan Rp. 20.000 per jam tapi libur tidak dibayar. Jadi angka tersebut mungkin masih terlalu tinggi karena masih menghitung libur dibayar, atau nanti malah tukang cukur minta naik tarifnya.

Atau mungkin rekan rekan punya pendapat yang lain tentang penghasilan minimum ini, silahkan comment di bawah ini.

Comments

K Susilowati said…
Akhirnya dari pemerintah pusat DKI Jakarta diputuskan kalau upah minimum propinsi DKI hanya Rp. 2,400,000. Jadi angka 3.3 juta seperti sebelumnya dianggap terlalu besar untuk buruh baru lulusan SMA.

Popular posts from this blog