Disiplin dan Rajin

Apa bedanya disiplin dan rajin, disiplin adalah menepati janji sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. Disiplin adalah komitmen yang tinggi sesuai dengan rencana. Sedangkan rajin belum tentu disiplin tetapi rajin untuk melakukan sesuatu secara teratur, tetapi waktunya lebih longgar.

Ada 2 prinsip mendasar yang sangat berbeda dalam perjalanan hidup
  • Sewaktu kita sekolah kita sangat dituntut dengan yang namanya disiplin, karena dengan disiplin kita akan sukses belajar. Mau masuk perguruan tinggi, kita tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan rajin belajar, karena waktu sewaktu masih aktif sekolah sangat terbatas, sehingga sangat diperlukan disiplin dalam membagi waktu buat belajar. Misal bangun harus azan subuh, terus belajar 1 jam sebelum berangkat setiap hari, pulang jam 3 sore, terus sholat, membantu orang tua dan belajar pada waktu yang tepat sesuai schedule itu sangat penting.
  • Tetapi sesudah bekerja, konsep ini sangat berbeda, disiplin saja tidak akan atau sulit untuk membuat sukses. Bekerja bisa sukses jika rajin. Bisnis juga bisa sukses kalau kita rajin. Disipllin saja tidak akan membuat sukses bekerja. Sebagai contoh, orang buka toko jam 6:00 pagi teng, tutup jam 5:30 sore tepat waktu, tapi yang beli tidak ada, maka toko bangkrut, disiplin tidak cukup membuat sukses.. Kalau tokonya sepi maka harus rajin keliling ditawarin ke orang lain, ini baru meningkatkan omset, dan mendorong untuk sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )