Skip to main content

Membaca Not Balok Dengan Cepat

Bagaimana membaca not balok dengan cepat? (Read Music Note Faster)
Barangkali gak pernah terpikir oleh kita yang belajar music hanya sebagai selingan saja seperti sewaktu SD atau SMP. Guru mengajarkan not balok dan mengartikan ke bentuk kunci misal kunci C pada nada dasar standar. Simbol not balok pada nada dasar standar sudah kesulitan kalau kita harus menggambarkan masing masing nada nada yang ada digambarkan dalam music bar, sudah sangat kesulitan, kemudian memindahkan nada not balok tersebut ke dalam grip grip Guitar misalnya atau ke dalam tuts tuts piano. Seperti yang biasa dipelajari di bangku sekolah dasar s/d SMP, kita mengenal lagu dengan nada nada yang ditulis dengan angka, 1, 2, 3 dst. Untuk membaca 1 menjadi do, 2 menjadi re, 3 menjadi mi, itu saja bisa membingungkan bagi yang baru belajar not not. Apalagi membaca not balok menjadi do, re, mi dsb. Wah bisa frustasi orang. Ini kesalahan guru dalam mengajarkan music. Murid memang harus tahu not not balok atau angka angka 1, 2 menjadi do dan re tapi tidak harus menghafal hal itu jika mau main music.

Jadi maksud penulisan nada nada musik ke dalam not balok agar kita gak usah pusing dengan do, re, mi dll, tapi dengan melihat gambar di not balok langsung tahu dimana yang harus dipetik di gitar, atau tut mana yang harus dipencet di keyboard piano. Kita tidak usah tahu apa itu C#, Cminor dll tapi tahu bagaimana kalau melihat tanda tersebut di not balok. Jadi orang yang buta huruf harus bisa main musik dengan membaca not balok tanpa harus tahu nada apa itu dan tidak perlu tahu angka angka atau do re mi dsb, tapi bisa langsung main musik dengan membaca not balok.

Jadi kesalahan tersebut diatas mirip pada guru guru yang mengajar bahasa inggris, selalu menterjemahkan ke dalam bahasa indonesia dulu baru ke bahasa inggris, padahal tidak semua kata kata inggris itu ada padanannya dalam bahasa indonesia. Akibatnya kita sudah belajar bahasa Inggris dari SMP s/d SMA tapi tetap saja tidak bisa bahasa inggris, bahkan sekarang dari SD tapi metoda belajarnya masih seperti dulu, inilah kegagalan yang akan berulang terus. Habis gimana gurunya saja gak becus ngomong inggris kok ngajar bahasa inggris.

Comments

lagu kord gitar said…
blog yang bagus gan . Terus maju gan

Popular posts from this blog