Skip to main content

Khasiat 7 Sumber Mata Air Cibulan

Kawasan Wisata Cibulan - Kuningan

Cibulan adalah daerah wisata di daerah kuningan – Jawa barat. Di daerah wisata ini terdapat tujuh sumber mata air yang dipercaya mempunyai berbagai macam khasiat; kasiat tersebut bisa memberikan beberapa khasiat jika kita meminum dan mencuci muka kita pada mata air tersebut.

Mata air cibulan dipercaya orang mempunyai banyak kasiat.
Cibulan

Khasiat Mata Air Cibulan

Tujuh Mata Air ini disalurkan melalui pancuran bambu yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu:
  1. Sumur Kejayaan, dipercaya dapat membantu kesuksesan
  2. Sumur Kemulyaan,
  3. Sumur Pengabulan, keinginan kita bisa terkabul
  4. Sumur Cirancana, melancarkan rencana yang diinginkan
  5. Sumur Cisadane,
  6. Sumur Kemudahan, memudahkan jalan yang dilalui
  7. Sumur Keselamatan, memberikan keselamatan
Di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana. Apabila ada orang yang sedang mujur dan dapat melihat wujud dari Kepiting Emas itu, maka segala keinginannya akan terkabul.

Tujuh mata air itu terletak mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi ketika ia beristirahat sekembalinya dari Perang Bubat. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng (lambang kebesaran Raja Agung Pajajaran). Tujuh sumur dan petilasan Prabu Siliwangi ini sering dikunjungi orang untuk berziarah, terutama pada malam Jumat Kliwon atau selama bulan Maulud dalam penanggalan Hijriah. Mereka percaya bahwa air di tempat itu akan membawa berkah dan dapat mengabulkan permohonan mereka. Percaya atau tidak tergantung sampean sendiri tapi dianjurkan jangan percaya yang begituan karena jatuhnya syirik yang merupakan dosa besar.

Comments

Popular posts from this blog