Nutrisi Esensial

Dalam ilmu gizi, nutrisi esensial adalah nutrisi yang penting namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Kita harus mendapatkan dari makanan atau suplemen tambahan (bila kualitas makanan tidak memadai dan tingkat polusi tinggi di lingkungan hidup sekitarnya). Bila kita kekurangan nutrisi esensial ini, kita akan menderita penyakit yang spesifik karena kekurang zat gizi tersebut. Misalnya bila kekurangan vitamin C, maka akan menderita penyakit scurvy, yang ditandai antara lain dengan gusi mudah berdarah, yang hanya bisa disembuhkan dengan mencukupi kebutuhan zat gizi tersebut.



Nutrisi Esensial

Setiap makhluk hidup mempunyai kadar kebutuhan yang berbeda terhadap zat esensial dan non esensial. Misalnya vitamin C adalah esensial bagi manusia tetapi tidak bagi anjing, karena binatang ini dapat membuat sendiri kebutuhan vitamin C-nya. Setelah diperiksa pada pet shop dan dianalisa makanan anjing yang ada disana memang tidak ada satupun yang mengandung vitamin C.

Pada manusia, nutrisi esensial meliputi sebagian besar vitamin dan mineral, beberapa asam amino dan beberapa asam lemak. Oleh karena itu ketika kita tidak makan makanan yang baik dan beraneka ragam kita bisa menderita sakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )