Cleaner Production Concept

Cleaner Production Concept sudah mulai diperkenalkan di Industri Industri di Indonesia, pasalnya mau tidak mau para industri saat ini harus mengikuti peraturan yang semakin lama semakin ketat. Konsep cleaner production ini intinya adalah sebuah industri tidak diperbolehkan membuang limbah apapun yang mencemari lingkungan, limbah padat, cair maupun gas.

Tidak ada lagi yang dinamakan Landfill yang fungsinya untuk menimbun limbah B3 padat yang kadang sangat beracun. Semua jenis limbah harus diproses sebelum dibuang ke lingkungan, jadi sewaktu dibuang atau dilepas ke lingkungan sudah tidak berbahaya. Prinsip utama dari cleaner production ini adalah 3 R, Reduce, Reuse dan Recycle. Limbah yang dihasilkan oleh industry harus dikurangi (reduce), atau dimanfaatkan kembali (reuse) dan atau didaur ulang (recycle).

Secara teori memang prinsip ini sangat baik, hanya penerapannya luar biasa sulit. Selain pengawasannya membutuhkan waktu dan sumber daya, juga faktor mental manusia pengawasnya saat ini sangat sangat kurang sehingga konsep tersebut sulit untuk berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )