Lem Stiker 3M Adhesive

Orang bilang lem stiker, di pasaran international lem in disebutnya sebagai 3M adhesives. Lem ini punya berbagai formula, ada yang formula water base artinya bisa bercampur dengan air atau senyawa yang larut dalam air atau alkohol. atau yang bukan water base, biasanya dilarutkan dalam etanol. Sedangkan yang water base biasanya dilarutkan dalam alkohol.


3M adhesive biasa digunakan di pabrik amplop dan stiker atau di percetakan dan pembuat tanda tanda tertentu yang bisa dengan mudah di tempel setelah penutupnya dilepas. Lem ini bisa digunakan untuk berbagai macam selain pada industri kertas stiker, tetapi kalau terkena air daya lengketnya bisa hilang. Makanya untuk melepas perangko yang sudah nempel di kertas biasanya dilepas dengan menyeburkan uap panas pada perangko tersebut.

Khusus untuk lem 3M seperti pada stiker, amplop dan benda lain permukaan yang sudah diberi lem biasanya ditutup lagi dengan kertas yang licin disebut sebagai kertas glassin. Kertas ini bisa ditempel diatas lem yang sudah ditorehkan pada tutup amplop tetapi tidak lengket ke lem tersebut sehingga bisa dilepas dengan tidak merusak sifat sifat lem tersebut dan bisa langsung ditutupkan.

2 komentar:

  1. dimana bisa dapatkan lem tersebut gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah beli di Bandung, di tempat yang banyak percetakannya dan toko kertas. Tapi saya lupa, karena sudah lama sekali belinya. Lemnya perlu dicampur dengan alkohol, nah kalau alkohol beli di Toko Kimia seperti di Brataco jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan harga apotek.

      Hapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )