Iseng Iseng Dibayar

Kalau dipikir bener-bener gak nyangka ya kalau hobi nulis kita itu dibayar sama mbah Google. Sebab banyak sekali penulis penulis buku yang sulit buat mendapatkan uang banyak sampai puluhan juta dalam 2 tahun berkarya. Kasihan juga mereka, menulisnya jelas gak sembarangan kaya kita nulis blog di internet ini, yang penting bisa dikomunikasikan aja. Tapi tulisannya banyak yang gak bermutu. Rajin nulis tiap hari, kalau bisa isinya informatif, kalau gak ya seadanya. Tapi toh Google tetap mau membayar tulisan kita yang acak adut itu. Syaratnya ya kita harus rajin nulis, pakai computer atau phone cell juga bisa, dikemas dalam kotak kecil yang bisa dibuka dimana saja. Ada syarat emang harus dalam bahasa Inggris. Gak usah takut tulisan kita itu gak jelas bahasa inggrisnya gak bener. Menurutku oke aja, pokoknya asal bahasa inggris, malah gak ada yang protes soalnya dikira bahasa Inggris khusus, seperti inggris Australia utau Inggris India kan beda, mestinya ini Inggris Jawa jadi agak laen.

Siapa siha yang bayar? yang mbayar ya mbahe, mbah Google, alatnya namanya Google Adsense. Emang butuh waktu lama dan kesabaran, keuletan dan belajar terus. Lama lama ada yang mbisikin, kamu harus begini.... nah ntar ketemu kuncinya. Itu cerita cerita orang yang sudah berhasil.

Mau nulis apa ya? Tergantung hobinya sampean lah. Kalau sekolahnya Ekonomi mestinya tahu banyak tentang masalah Economy, kalau orang teknik ya tahu banyak tentang masalah teknik. Paling juga cuman bisa ndobos doang, wong cuman tahu dari buku saja, tapi gak ada yang protes kok, tapi tetap ada yang mbayar. Kalau dulu pengalaman ngajar bimbel malah bisa lebih bercabang, bisa mathematic, bisa physic kalau sekolahnya mekanik bisa nulis tentang Fluid mechanic atau tentang tips Car Repair atau Motorcyle.

Ntar kan ada pendapatan, gak usah terlalu kecewa dengan perolehan yang sekarang, lama lama juga bisa besar, yang penting istiqomah. Terus tulis, tulis dan tulis. Dah cukup sekian saja kuliah hari Jum'at, mudah mudahan ada gunanya suatu saat, Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )