Langsung ke konten utama

Hari Air Sedunia

Hari ini Sabtu, 20 Maret 2010 adalah hari air sedunia (water world day). Pemerintah kita juga ikut merayakannya dengan mengadakan ceremonial di Kali Ciliwung Jakarta. Pesan pemerintah agar kita ikut bisa melestarikan alam ini sehingga tetap bisa memperoleh air bersih. Pesan yang sangat baik yang mendapat perhatian dari dua orang mahasiswi amerika yang ikut merayakan hari air sedunia di sungai Ciliwung ini. Selain itu acara ini juga mendapat simatik dari masyarakat air dengan menghadirkan 17 perahu yang mengarungi sungai ciliwung saat itu juga.

Hanya sayang pada saat peringatan ini kondisi sungai Ciliwung masih jauh dari harapan, sampah di sungai masih tetap banyak dan tumpukan sampah di tepian sungai juga masih terlihat belum terurus atau belum dianggkut ke tempat pembuangan sampah. Hal ini dapat menyebabkan tumpukan sampah ditepian sungai Ciliwung tersebut ada kemungkinan hanyut ke dalam sungai jika terjadi hujan besar.

Memang sulit untuk menjaga alam ini yang memang bukan milik siapa siapa, alam ini milik kita bersama, alam ini milik sang pencipta, kita hanya disuruh menjaganya. Kita masing masing harus sadar akan pentingnya menjaga keadaan lingkungan sehingga tetap bersih dan dapat memberikan lingkungan yang sehat bagi kita semua. Tidak mudah memang untuk merealisasikannya, tidak cukup hanya dengan himbauan dan himbauan tanpa tindakan yang nyata. Tindakan yang nyata adalah dengan mendidik masyarakat seluruh kota Jakarta mengerti dan sadar akan kesehatan lingkungan dan bagaimana cara menjaganya.

Komentar

Swasasi mengatakan…
Hari ari sedunia yang sebenarnya adalah sekarang ini. Dimana mana air melulu, dimana mana banjir. Hujan gak brenti brenti.

Postingan populer dari blog ini