Formula Matematika

Tidak selamanya formula matematika itu benar. Jadi jangan menggunakan formula matematika untuk semua hal. Banyak orang yang menggunakan formula matematika untuk menghitung segala hal, menghitung keuntungan, kerugian, masa depan bahkan nasib dihitung dengan matematika statistik.

Mungkin statistik itu sendiri tidaklah salah, tetapi kalau anda merumuskan nasib dengan menggunakan statistik bisa berakibat fatal, atau anda jadi tidak berbuat apa-apa. Selagi merencanakan sesuatu, kemudian anda membatalkan karena secara statistik adalah gagal, sehingga rencana yang bagus dibatalkan dengan segera. Padahal hasilnya belum tahu!

Contohnya tentang formula matematika yang salah pada istilah berikut ini:
Kita semua tahu bahwa setengah mati bisa diartikan dengan setengah hidup, atau setengah terbuka itu sama dengan setengah tertutup. Secara umum mungkin kita semua mengartikan hal tersebut dengan arti yang sama, tetapi jika ditulis formulanya akan jadi salah:

Setengah terbuka = Setengah tertutup

Dalam ilmu matematika kata yang sama boleh dicoret, seperti berikut ini:

Setengah terbuka = Setengah tertutup

Tetapi akibatnya adalah:

terbuka = tertutup

Ini tidaklah benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )