Contoh MSDS (Material Datasheet) Bahan Kimia

Material Datasheet bahan kimia mengandung penjelasan tentang penggunaan dan jenis alat keselamatan pada setiap pekerjaan harus digunakan. Contoh dari MSDS adalah sebagai berikut:

Material Safety Data Sheet


Identifikasi bahaya
Potensi Health Effects:
Berdasarkan data untuk hewan, keterpaparan FM-200 yang terhirup dapat menyebabkan mati lemas, jika udara muncul dalam bentuk uap, jantung berdetak tidak beraturan dengan sensasi yang aneh di dada, "hati berdebar-debar," kecemasan, sakit kepala ringan, perasaan pingsan, pusing, kelemahan, kadang-kadang berkembang menjadi kehilangan kesadaran dan mati.

FM-200 dapat menyebabkan "radang dingin-seperti" efek jika cairan atau uap menghindari kontak mata.

Dalam sebuah studi, relawan manusia terpilih untuk menghirup FM-200 pada konsentrasi 6.000 ppm, tetapi studi ini dihentikan karena kenaikan denyut nadi yang diyakini tidak terkait dengan kimia. Dalam studi berikutnya, sukarelawan manusia menghirup konsentrasi hingga 8000 ppm tidak ada efek signifikan secara klinis yang diamati untuk tiap parameter laboratorium yang diukur.

Individu dengan penyakit yang sudah ada sebelumnya sistem kardiovaskular atau sistem saraf yang meningkatkan kerentanan dari keterpaparan yang berlebihan.

Informasi Karsinogen:
Tak satu pun dari komponen terdapat dalam materi ini pada konsentrasi sama atau lebih besar dari 0,1% yang terdaftar oleh IARC, NTP, OSHA atau ACGIH sebagai karsinogen.

Tindakan Pertolongan Pertama
Pertolongan pertama:
Terhirup:
Jika dihirup, segera pindahkan ke udara segar. Jika tidak bernapas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Panggil dokter.

Kontak dengan Kulit:
Perlakukan untuk radang dingin jika perlu dengan wilayah yang terkena dampak pemanasan lembut.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )