Langsung ke konten utama

Pelapisan Logam

Pelapisan logam atau metal plating mempunyai tujuan macam macam, bisa untuk tujuan mengawetkan logam aslinya, bisa untuk tujuan memperindah tampak logam atau bisa juga untuk melindungi logam aslinya yang memang mudah terkena korosi. Atau pelapisan logam bisa mempunyai tujuan untuk memberikan keindahan dan sekaligus pelindung logam itu sendiri.

Untuk tujuan tersebut berbagai macam orang berupaya melakukan pelapisan logam. Untuk menahan korosi bisa dengan melakukan pelapisan dengan logam yang lebih bagus performanya terhadap pengaruh korosi. Proses untuk tujuan ini missalnya pada proses pelapisan berikut:

Sedangkan untuk tujuan memperindah permukaan logam, orang bisa melapis permukaan logam tertentu dengan berbagai macam cara, misalnya dengan cara berikut ini:

Masih banyak lagi proses pelapisan logam missal dengan melapis dengan emas atau perak atau bahan lain yang indah atau melindungi logam dengan mengecat agar lebih bagus dan lebih awet walaupun tidak setahan apabila dilapis dengan logam lain yang lebih tahan terhadap korosi.

Produk produk yang sudah jadi juga memperhatikan masalah ini, selain masalah inti yang ditujukan dalam permbuatan logam tersebut. Misal kabel yang terbuat dari tembaga (copper wire) dan yang terbuat dari aluminium (aluminum wire) masing masing mempunyai keunggulan dan tujuan tersendiri.

Komentar

Asep Fariz mengatakan…
Selain yang anda tulis tentang electroplating/cromeplating. sekarang ada yang namanya PVD coating (pelapisan dengan Physical Vapor Deposition ) apa yang anda ketahui tentang PVD coating tersebut?
Adi mengatakan…
Pak/Mas Asep:
Terima kasih komentarnya, mengenai ilmu pelapisan memang sangatlah luas, dan saya sendiri belum pernah mempelajari PVD secara detail. Setahu saya PVD banyak digunakan dalam ilmu keramik. Pada industri besar ilmu ini banyak sekali dipakai seperti bagaimana membuat lapisan keramik yang sangat keras dan tahan gesekan seperti yang digunakan dalam mesin Industry Kertas. Dengan menggunakan pelapis keramik ini akan menghasilkan produk dengan permukaan yang halus.

Postingan populer dari blog ini