Dynamic Link Library

Apa yang dimaksud dengan Dynamic Link Library?

Kalau kita melihat kedalam file file yang ada di komputer kita maka kita bisa menemukan banyak file dengan buntut dll. Dll sendiri itu kependekan dari Dynamic Link Library. File file ini berguna untuk membuat semacam tenaga panggilan, kalau diperlukan baru dipanggil, begitulah gambarannya. Dimana dipakainya, banyak aplikasi windows yang memerlukan bantuan file jenis ini, dan ada kemungkinan untuk file dll yang sama bisa digunakan untuk banyak aplikasi. Jadi maksudnya dibuat nama dengan ekstension sendiri agar lebih ringkas dan gak berulang kali menulis code yang sama untuk keperluan yang sama.

Contohnya file dll ini dipakai oleh printer driver, jadi sewaktu printer akan dijalankan printer driver ini akan memanggil file dll dan disatukan dengan program drivernya kemudian untuk menjalankan printer. Selain efisiensi tempat di hardisk, file dll ini juga memperkecil pemakaian memori RAM, jadi file dll hanya cukup dipanggil saja tapi tidak usah disimpan di memori RAM sewaktu menjalankan printer, jadi memori RAM nya menjadi lebih efisien.

Lokasi penyimpanannya di komputer kita biasanya disini: C:\WINDOWS\system32 dan ada juga di sini C:\WINDOWS\system dan mungkin ada ditempat lain yang belum saya lihat. Nah maka file ini jangan terhapus karena sewaktu waktu diperlukan untuk menjalankan aplikasi atau driver tertentu yang sama windows sudah disediakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )