Ounce Tidak Sama Ons

Ada yang meributkan mengenai satuan berat yang asalnya dari daerah ndeso Amerika, terus dipermasalahkan disini di Indonesia. Karena konon itu perusahaan asing yang menggunakan satuan dari daerah asalnya, kan konyol coba simak yang berikut dibawah:

Ini sudah pernah dibahas dan dibicarakan beberapa bulan (tahun lalu) yang lalu kenapa sekarang muncul lagi hal yang sama. Koversi satuan yang ditulis itu bisa salah semua, mengapa? Karena setiap menulis konversi satuan harus disertakan dengan standar mana? Inggris? Amerika? Indonesia? Atau Purwakarta? He he he..... Jadi semuanya tidak lulus karena tidak menyertakan basis standarnya mana dan tidak bisa dijadikan patokan. Standar standar seperti mil antara amerika dan inggris saja berbeda karena itu standar daerah masing masing. Jadi kalau mengkoversi ke International Unit seperti Kg, m, second (s), candela dlsb harus dipastikan dulu sumber satuannya dari mana.

Menurut Standar Amerika yang bersumber dari Phery Chemical Hand Book ada 3 macam konversi satuan berat seperti berukut ini:

1. Avoirdupois Weight

* 16 drams = 417.5 grains = 1 ounce (oz)
* 16 ounces = 7000 grains = 1 pound (lb)

2. Troy Weight

* 24 grains = 1 ponyweight
* 20 ponyweight = 1 ounce (oz)
* 12 ounces = 1 pound (lb)

3. Apothecaries Weight

* 20 grains (gz) = 1 scruple
* 30 sruples = 1 drain
* 8 drains = 1 ounce
* 12 ounces = 1 pound (lb)

Jadi satuan yang ditulis bisa salah total, tidak ada satupun yang mengartikan satuan ounce itu sama dengan ons, ons itu satuan Indonesia. Ounce satuan daerah Amerika yang masing masing aja beda, la kok kita yang gak punya satuan ikut mikirin, gitu aja kok repot.... kan gak ada orang asing yang ngurusin satuan kita seperti ubin, bahu, tumbak dlsb.

Jadi yang salah adalah yang nulis resep dengan standar daerah tapi dikasihkan ke orang daerah lain yang gak ngerti satuan tersebut, ya harus tanya kita kan gak pernah pakai satuan ounce (oz) tapi kita pakai ons yang sangat berbeda baik tulisan maupun konversinya. Kalau meter diseluruh dunia ya sama meter tidak ada yang nulis metre atau materai. Macam macam aja, jangan diseleweng selewingin bisa repot sendiri....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )