Kandungan Lipida Dalam Tubuh

Lipida adalah senyawa yang tidak larut dalam air tetapi biasanya larut dalam berbagai macam pelarut organic.

Lipida dapat digolongkan dalam 3 subgolongan berdasarkan komposisi kimianya, hidrokarbon sederhana dan lipida kompleks yang mengandung C,H dan O. lipida kompleks mengandung satu atau lebih unsu tambahan seperti fosfor (P), nitrogen (N) atau sulfur (S).

Lipida sederhana dapat dikelompokkan kedalam jenis strukturnya, yaitu asam lemak yang merupakan rantai panjang asam monokarboksilat. Wax yang merupakan ester rantai rantai panjang alcohol dan asam fat. Trigliserida adalah ester dari gliserol yang mengandung molekul FA. Sterol adalah golongan alcohol khusus, mereka bisa digabungkan dengan asam fat untuk membentuk ester sterol.

Distribusi dan Fungsi Lipida
Lipida ditemukan dalam semua organisma hidup yang merupakan unsur penyusun membrane sel. Dalam sebagian besar binatang unsure utama penyusun lipida sel membrane adalah lecithin, phosphatidyl serine dan sebuah sterol, yaitu kolesterol. Membrane sel pada susunan saraf pusat mengandung juga lipida yaitu shingmyelin, cerebrosida dan gangliosida. Dalam membrane sel tumbuhan tingkat tinggi, juga terdapat lecithin dan PE yang mendominasi, walaupun phosphatidyl glycerol (PG) dan phosphatidyl inositol (PI), diketahui juga sebagai physterols.

Pada sel membrane bakteri yang unik jarang ditemukan lechitin dan sterol, PE dan PG merupakan mendominasi serta PI (phosphatidyl inositol diketahui sebagai phytosterol biasanya ada.

Walaupun lipida triglyserida tidak penting dalam membrane sel, ini disimpan dalam tubuh binatang dan tumbuhan sebagai cadangan energi. Pada vertebrata TG berada dalam jaringan adipose. Pada insekta TG terkonsentrasi dalam jaringan lemak yang mempunyai fungsi sebagai depot dan pusat metabolisme triglyserida. Pada tumbuhan tingkat tinggi TG ditemukan dalam biji dan sebagai sumber minyak nabati. Pada beberapa tanaman seperti alpokat, palm dan olive, bijinya juga mengandung sejumlah besar trigliserida.

Lipida mempunyai sejumlah fungsi khusus. Dalam binatang mamalia lemak berguna untuk menahan kehilangan panas tubuh. Hydrokarbon dan lilin pada insekta, juga pada daun tanaman dan buah, berguna untuk mencegah air menguap.

4 komentar:

  1. saya mau tanya,,
    salah satu fungsi lipida di bawah ini kecuali :
    a. komponen membran sel
    b. hormon
    c. antibodi
    d. vitamin

    BalasHapus
  2. kalau lipida kompleks itu gabungannya apa saja??

    BalasHapus
  3. Kalau lipida kompleks kan dah jelas pada artikel diatas, yaitu yang mengandung salah satu atau gabungan dari unsur P,N atau S.

    BalasHapus
  4. Untuk Fransiska coba bisa lihat di sini Vitamin Production atau disini Enzym

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )