Pembangunan di Masjidil Haram

Akhirnya masjidil haram harus mengalami perombakan besar, terutama bangunan disekitarnya karena perluasan masjid dan membentuk lingkungan yang lebih agamis ketimbang mall seperti yang sekarang ada.

Hotel hotel disekitar Masjidil Haram sudah mulai di bongkar, dan pembongkaran akhir adalah tahun ini, makanya para jamaah haji dari semua Negara akan kebagian hotel yang semakin menjauh dari areal masjid.

Bentuk sekitar masjid akan membentuk linkaran dengan bangunan yang sangat mirip, jadi para jemaah haji harus lebih hati hati dalam memilih jalur untuk pulang ke maktab mereka, kalau tidak mereka akan berputar putar di sekitar masjid yang semakin besar arealnya. Dengan kodisi yang sekarang ada saja masih banyak jemaah Indonesia dan Negara lain yang nyasar gak tahu jalan pulang, selain lupa dengan tanda jalan tempat mereka kembali, memang took-tokonya menggunakan tulisan arab gundul, jadi ya … sulitlah untuk dikenali oleh para jemaah yang awan dengan tulisan arab gundul.

Untuk mengatasi hal ini triknya kalau saya menggunakan kamera, sehingga kalau lupa kita bisa melihat kembali jalan pulang melalui kamera kita. Kalau nanti perbedaan itu memang masih ada tapi mungkin jadi lebih sedikit dan kurang jelas dilihat di kamera kita, apalagi memang dilarang menggunakan kamera di dalam masjid. Tapi kalau di dalam masjid masih banyak petugas khusus untuk orang tersesat.