Skip to main content

Kandungan Kimia Dalam Tubuh

Didalam tubuh kita mengandung bahan utama air, yaitu sekitar 80 % tubuh kita adalah air. Air ini dikandung dalam cairan tubuh berupa lendir, darah, dan merupakan bagian dari setiap organ tubuh.

Di dalam lendir, darah dan organ atau dalam bahan cair tubuh yang lain, komponen yang terkandung di dalam air ini sangat beraneka ragam dan sangat spesifik untuk masing masing organ dan lokasi.

Ada bahan kimia yang umum bagi orang yang normal tapi bagi orang yang tidak normal akan mengandung bahan kimia lain, yang dapat mengganggu kondisi tubuh. Tubuh yang tidak sehat karena mengandung bahan kimia lain selain bahan yang diperlukan, atau mengandung bahan kimia tubuh yang berlebihan secara otomatis akan memberikan sinyal atau tanda seperti perasaan sakit pada daerah yang tidak normal tersebut.

Tubuh akan memberikan sinyal ketidak normalan ini sangat spesifik untuk setiap orang, jadi tidak bisa disama ratakan, hanya untuk tubuh manusia secara umum akan memiliki komposisi kimia yang umum, tapi penyimpangan dari keadaan umum ini juga terjadi pada sebagian orang yang normal. Kandungan kimia yang berlebihan dan tidak dikehendaki tubuh akan dirasakan sakit oleh tubuh kita dan kalau terlalu banyak disebut sebagai keracunan.

Sebagai orang kimia saya akan membahas masalah kimia tubuh dari sisi ilmu kimia, yaitu mengenai sifat sifat kimia dan sifat fisika bahan tersebut, reaksi apa saja yang bisa terjadi pada bahan tersebut dan efek dari reaksi kimia terhadap bahan kimia tubuh tersebut.

Materi organic di dalam tubuh selalu merupakan rangkaian dari molekul organic dasar sepeti: C, H, O, N, dan P sedangkan materi yang lain hanya berupa molekul pendukung terhadap molekul tersebut. Bentuk molekul molekul itu dalam tubuh merupakan rangkaian senyawa seperti Air, Lemak, Protein, Lipida, Trigliserida dan berbagai jenis asam organic.

Semua senyawa senyawa tersebut di dalam tubuh ada standardnya, jika dikandung melebihi standard yang ada dikatakan tidak normal dan dapat menyebabkan rasa sakit. Nah kayaknya sementara sampai disini dulu karena sudah kebanyakan nih, pada blogku yang akan dating akan aku bahas mengenai reaksi reaksi apa yang bisa terjadi pada bahan kimia tubuh di laboratorium, maupun kemungkinan reaksi yang bisa terjadi di dalam tubuh.

Comments

Mathematics said…
Memang pengetahuan tubuh atau kimia tubuh itu sangat rumit ya, tapi banyak pelajaran yang dapat dipetik dari tubuh kita.

Ditunggu blog blognya mengenai Kesehatan.

Popular posts from this blog