Skip to main content

Membangun Bisnis

Jika kita ingin membangun bisnis tentu memerlukan berbagai perangkat yang semestinya sehingga dalam menjalankan bisnis kita itu bisa berjalan dengan mulus. Setiap bisnis mungkin punya komponen komponen yang berbada antara bisnis yang satu dengan yang lainnya, seperti bisnis perdagangan barang dan perdangangan jasa tentulah ada factor yang berbeda dari kedua macam bisnis tersebut, tapi secara umum adalah sama.

Seperti pelajaran bisnis secara umum maka komponen bisnis yang penting adalah 5 M:

  1. Modal
  2. Man
  3. Market
  4. Machine
  5. Management

Factor utama tersebut memang selalu ada, walaupun dalam masing masing bisnis dapat diurai lebih detail atau malah digabung yang bisa berbeda satu dengan yang lain. Tapi dalam bisnis secara umum sebaiknya kelima factor pendukung itu selalu ada dan harus selalu disempurnakan, jika ingin terus berlanjut.

Misal dalam hal perdagangan, modal ada, orang mungkin harus orang lain yang menjalankan, katakanlah orang yang sudah punya keahlian dalam perdagangan sehingga dia sekaligus menguasai Market (pasar). Kita sebagai pemilik modal setidaknya harus punya strategi juga dalam menjalankan bisnis sehingga tidak menuruti saja kemauan si pelaku bisnis, dalam hal ini adalah Management. Sedangkan Machine adalah system data atau system database atau point of sales yang harus kita miliki yang bisa berisi antara lain, tempat mencatat transaksi pembelian, transaksi penjualan, mengontrol stok barang, mengontrol penerimaan uang, mengontrol pengeluaran biaya. Dan yang terakhir adalah dengan system tersebut kita bisa mengatur Cash Flow, sehingga tidak berantakan karena tagihan tidak terbayar. Nah itulah kunci kunci utama dalam bisnis walaupun dalam prakteknya masih harus ditambahi dengan factor lain yang tentunya pada masing masing jenis bisnis akan berbeda.

Comments

Popular posts from this blog