Product of Waste Cotton (Kapas Bekas)

Barang barang dari Waste Cotton (kapas bekas) tidak selamanya baik kalau itu menyangkut masalah kesehatan. Waste Cotton banyak digunakan untuk berbagai macam dengan tujuan dijual dengan murah. Kapas bekas banyak digunakan untuk campuran media pertumbuhan atau Growth Media untuk menanam jamur merang atau Mushroom Cultivation. Kapas bekas setelah dibersihkan kemudian diputihkan, dikeringkan dan ditata ulang bisa dibuat kapas kecantikan, cotton butt, bantal, kasur, jok, boneka, mainan dan barang barang dari bahan kapas yang lain. Harga barang barang ini sangat murah dan sangat tidak realistis, wong harga kapas orisinil saja sudah mahal bisa mencapai Rp. 17.000 per kilogram. Harga kapas viscose yang terbuat dari serat kayu Pulp, sekarang sudah mencapai diatas Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per kilogram.

Dari mana barang barang murah ini bisa diperoleh? Kebanyakan barang barang murah yang kita peroleh berasal dari China. Dengan jumlah penduduk 1 milyar lebih mungkin akan lebih mudah mengumpulkan bahan dasar dari barang bekas terutama cotton waste, untuk diolah menjadi barang barang murah.

Dari mana sumber barang bekas ini? Ternyata kapas bekas yang mereka gunakan bisa berasal dari mana saja, bukan dari sisa pabrik kapas cotton, apalagi sisa dari kapas Viscose (Pabriknya di China saja baru jadi), tapi mereka mengambil barang bekas dari Rumah sakit, klinik pengobatan, pabrik bantal, etc. Kapas bekas tersebut tentu saja sudah terkontaminasi dengan berbagai macam sumber penyakit, bakteri, virus, kuman. Waste cotton ini dicuci, diputihkan dengan proses bleaching yang nota bene menggunakan bahan pemutih tidak sehat seperti sodium hypochlorite kemudian dicuci lagi dan dikeringkan. Karena orang Indonesia sekarang juga sudah pintar mengolah barang bekas ini, ya kemungkinan penggunaan cotton waste sudah ada di Indonesia.

Kemana barang barang China itu dijual? Ya ke negara-negara berkembang, seperti Indonesia dan sekitarnya serta ke Afrika. Maka berhati-hatilah untuk Safety anda dalam membeli barang murah dimanapun itu asalnya, dari pinggir jalan, Supermarket, Apotek karena barang barang tersebut juga tersedia disini.

1 komentar:

  1. Waste kapas yang berasal dari rumah sakit tersebut merupakan bekas kapas yang dipakai oleh pasien. kita tidak tahu apakah pasien tersebut mengidap penyakit parah atau tidak. takutnya akan berpengaruh pada kita di masa yang akan datang karena kita memakai produk kapas yang merupakan hasil olahan kapas bekas pasien berpenyakit sangat parah. maka dari itu, bagi pengguna kapas diharapkan dapat dengan teliti membeli produk kapas yang akan dipergunakan.

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )