New Energy Source from Indonesia

Dari banyak omongan orang, dan uji coba yang dilakukan di Jawa Timur dan Jawa tengah, orang Indonesia berhasil membuat sumber energy baru untuk kendaraan bermotor atau vehicle. Banyak juga diberitakan di Internet jika di search New Energy Source atau BBM murah.

Mungkin beliau beliau yang terlibat dalam penelitian ini sudah banyak melakukan experiment dengan sumber BBM yang baru tersebut dan menyatakan sukses, tapi masalahnya belum diuji secara ilmiah tentang keberhasilannya.

Kalau sudah terbukti secara ilmiah bahwa memang temuannya itu memang bisa dikatakan sebagai sumber energy baru yang murah, pada tahap berikutnya temuan mereka itu harus mempunyai license atau hak cipta atas temuannya.

Aku pernah ngobrol ngobrol di pameran pembangunan dengan salah satu pengunjung yang katanya juga telah menemukan suatu proses baru pada sistem pembakaran batu bara untuk turbin atau untuk incinerator. Beliau bilang jika temuannya itu sudah pernah dicoba untuk dibuat license-nya atau hak ciptanya, katanya sudah 2 tahun diusulkan untuk mempunyai hak cipta tapi belum berhasil juga dan untuk ini perlu biaya yang tidak murah, kalau gak salah sekitar 15 juta. Persyaratan untuk dapat hak cipta ini, bahwa harus sudah diimplementasikan di salah satu industry di dunia ini, dan terbukti irit dan keuntungan lainnya sesuai dengan proposalnya.

Lha kalau persyaratannya begini, lalu bagaimana dengan license untuk bahan bakar yang baru tersebut agar dapat pengakuan dari dunia bahwa temuannya berasal dari orang Indonesia, dan sudah terbukti irit dan digunakan di Industry. Wah bisa repot dong .......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )