Mengatasi Kebakaran di Dapur

Kebakaran di Dapur dapat membuat kita menjadi panik, soalnya yang menyala itu dari kompor yang pakai gas tentu saja jadi panik luar biasa. Biasanya sih yang terbakar itu minyak goreng yang sedang digoreng diatas wajan. Untuk mengatasi kebakaran diatas kompor memang agak repot, tapi yang penting harus berpikir dengan tenang, lihat dari pelajaran pelajaran masa lalu, pengetahuan dari orang lain. Jangan langsung bertindak dengan gegabah.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah Matikan Kompornya dulu kalau bisa, atau putuskan dari sumber gas (tabung gas) karena sumber gas dari tabung merupakan bahaya yang lebih besar jika sampai terbakar, dan panasnya mengenai tabung gas. Jangan mencoba untuk mematikan dengan menyiram air kedalam wajan, ini berbahaya karena akan timbul api yang besar yang menyembur keatas karena ada suply oksigen dari air yang menguap. Pada minyak yang terbakar ini temperaturnya bisa mencapai 1000 oC, jadi kontak antara dingin dan panas yang tinggi akan menimbulkan letupan dan loncatan api. Untuk mematikan apinya gunakan kain lap basah tapi bukan basah sekali sehingga airnya menetes netes, tujuannya adalah memutus hubungan suplay oksigen dari udara. Sehingga kobaran api pada minyak akan terhenti, tapi hati hati dengan sisa minyaknya karena temperaturnya masih sangat tinggi jika masih mendidih berarti sekitar 250 derajat C, jika kulit anda terkena percikannya bukan saja melepuh tapi langsung menghitam dan mengelupas.

Videonya bisa dilihat disini: Kompor Kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )