Skip to main content

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kalau kita bekerja di suatu tempat yang berbahaya, hendaknya kita harus hati-hati, karena hati-hati itu jauh lebih baik dari pada celaka. Memang kita tidak bisa menentukan nasib seseorang agar ia tidak terkena musibah pada waktu bekerja, tapi kalau musibah itu tetap datang padahal kita sudah berhati-hati, itu lain masalah, mungkin itu merupakan cobaan untuk kita agar lebih waspada kalau musibah itu datangnya bisa tiba tiba, atau agar kita bisa lebih sadar bahwa kita harus membantu orang lain yang terkena musibah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita itu celaka:
  • Faktor yang pertama adalah mungkin tempat anda berada, atau bekerja memang tidak aman,
  • Faktor yang kedua adalah karena cara bekerja anda tidak benar,
  • Faktor ketiga adalah anda bekerja ditempat yang tidak aman tapi tidak menggunakan pengaman,
Ada banyak alat pengaman dalam bekerja yang dalam dalam istilah Safety disebut dengan Personal Protective Equipment atau PPE. Dalam bekerja kita menggunakan PPE sesuai dengan tempat kita bekerja, dengan menggunakan PPE yang dibutuhkan, seperti menggunakan Helmet jika mengendarai Motor, atau menggunakan Safety Belt jika menggunakan Mobil.

Pada blogku yang satu ini membahas mengenai Health and Safety disini diuraikan tentang jenis jenis PPE untuk bekerja disuatu tempat misal di Laboratorium atau di Workshop Mekanik yang tentunya jenis PPE yang digunakan tidak akan sama.Cara menggunakan peralatan safety dengan baik dan benar akan sangat membantu dalam menjaga keselamatan dalam bekerja.

Comments

Popular posts from this blog