Perbandingan Mesin Diesel dan Bensin


Hampir dari kita kita terutama yang suka melihat Internet sudah tahu jika mesin bensin berbeda dengan mesin diesel, tapi perbedaan secara detail dari kedua mesin ini banyak yang tidak tahu secara persis, maklum kita kita bukan semuanya berasal dengan back ground teknik mesin, atau tidak semuanya suka mempelajari mesin mesin.

Perbedaan yang sudah kita ketahui seperti mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin dan mesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Tapi perbedaan yang lain masih tidak begitu tahu secara persis, hanya kita mengetahui bahwa mesin diesel semakin panas semakin bagus. Apanya yang bagus? Dan mengapa bisa begitu bagi orang yang tidak biasa mengutak atik atau mempelajari jenis jenis mesin ini tentu tidak jelas.

Mesin diesel berbeda dengan mesin bensin, baik dari bahan bakar maupun dari cara pembakarannya sendiri. Tipe mesin bensin yang lama menggunakan karburator untuk memasukkan bahan bakarnya, bahan bakar yang dimaksud bukan hanya bensin saja tetapi termasuk udara sebagai sumber Oksigen yang akan bereaksi dengan bahan bakar ini. Sedangkan mesin diesel tidak perlu menggunakan karburator tapi hanya menggunakan nosel saja. Nah untuk inilah maka berkembang mesin bensin baru yang tidak menggunakan karburator lagi, ini bukan penemuan baru, tapi hanya merupakan kombinasi atau lebih tepatnya modifikasi antara tipe mesin bensin dengan mesin diesel dengan masih memanfaatkan keunggulan keunggulan pada mesin bensin dan mengurangi kekurangan yang ada, dibanding mesin diesel, seperti suara yang lebih halus dan sebagainya.

Perbedaan secara detail dari kedua mesin ini aku dah tulis di Perbandingan Mesin Diesel dan Mesin Bensin. Yang juga menguraikan mengenai keunggulan dan kekurangan masing masing jenis mesin tersebut. Dari keunggulan mesin diesel disatu sisi itulah mengapa mesin diesel digunakan sebagai pembangkit listrik, bukan menggunakan mesin bensin....................

Online Learning

1 komentar:

  1. Kalo mesin bensin dengan menggunakan injektor bagaimana keandalannya kalo di jadikan pembangkit listrik? www.belajardiesel.worpress.com

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )