Membuat Lem Formaldehide dan Melamin

Lem Urea Formaldehide biasa digunakan pada Industri Industri Kayu Lapis dan Industri Mebel, sedangkan Lem Melamin digunakan pada proses finishing Industri Mebel.

Lem ini akan berfungsi dengan baik jika digunakan dengan cara yang tepat dan proses reaksi kimianya dibantu dengan menggunakan hardener. Karakteristik dari lem ini juga diuraikan pada blogku di http://adhesive-formula.blogspot.com. Jenis hardenernya bisa dilihat di blog mengenai hardener UF.

Proses penguatan pada lem ini sangat tergantung pada pH larutan, temperatur dan waktu pengeringan, yang pada akhirnya semua jenis lem tersebut akan mengalami proses Curing atau selesainya reaksi kimia, karena jenis resin ini merupakan jenis plastik termoseting yang tidak dapat balik lagi maka jika sudah melewati proses curing maka sifat plastiknya tidak dapat kembali lagi atau tidak bisa bereaksi menjadi seperti semula.

Komposisi dari lem ini bisa dilihat di komposisi kimia, hanya sayangnya lem lem tersebut sangat mudah menyerap air, sehingga barang yang dilem dengan jenis lem ini akan mudah lepas.

Online Learning

2 komentar:

  1. samuelarifin63@yahoo.com10 November 2010 05.35

    anda tau gak komposisi lem lipstik yang dipake untul ngelem rokok

    BalasHapus
  2. Waduh sori aku gak pernah belajar lem buat konsumsi yang aman dimakan. Tapi barangkali lem yang sederhana saja, bisa dari aci atau sagu.

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )