Electroplating Barang Barang Kecil.

Barang barang yang kecil seperti skrup, baut dan rivet dapat dilapis dengan krom dengan menggunakan jarring atau mengikat menggunakan kawat atau juga menggunakan rak rak barang kecil yang cukup baik untuk jumlah yang banyak, missal panjang 25 mm atau lebih. Untuk pelapisan dengan keranjang, dengan kawat dari tembaga memanjang digunakan rangka sekitar tinggi 13 mm yang disolder ke rangka untuk suspensi dari logam katodanya. Barang barang kecil yang akan disolder ditebarkan diatasnya sehingga tidak saling menutupi yang lain. Baca proses ini selengkapnya di Electrplating Process.

Kesehatan

Dalam jumlah besar uap hydrogen dan oksigen akan lepas ke udara selama proses electroplating, sebagian uap asam kromat juga ikut menguap. Uap asam kromat ini sangat tajam terhadap pembuluh pernafasan pada hidung dan kerongkongan.

Konsentrasi asam kromat di udara bebas tidak diperbolehkan melebihi 0.1 mg/m3. Untuk membantu menghilangkan efek uap krom dalam ruangan sebaiknya dipasang exhaust fan pada sekitar tempat electroplating.

1 komentar:

  1. Wah ini bagus, kalau berhasil mencoba Electroplating. Tentunya keuntungan proses kimiawi lebih besar dari pada proses pembuatan barang yang lain. Selain mudah jika sudah mengetahui ilmunya, juga sangat efisien. Hanya masalah utamanya Ilmu Electroplating ini belum berkembang secara profesional di Universitas.

    BalasHapus

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )