Skip to main content

Tips Membeli Mobil Tua

Tips berikut ini adalah bagaimana cara membeli mobil tua, maklum aku sendiri pernah membeli mobil tua dan alhamdullilah keliru. Untuk membeli mobil tua dan pengalaman dari orang laen ada di sini Old Car Problem tapi kalau mau terus baca tulisanku ini juga boleh.

Hal yang paling penting yang harus diperhatikan untuk mobil tua terutama buat orang Indonesia, gak bisa asal membeli murah mobil mobil tua. Karena yang kita beli mobil tua maka akan banyak mengganti spare part pada mobil tersebut, jadi harus memperhatikan apa toko sparepartnya ada apa gak. Mudahnya begini, cari merek mobil yang sudah biasa misalnya Mobil Toyota atau Mobil Suzuki atau Mobil Honda. Untuk jenis truk mungkin lain lagi, yang umum misalnya Mitsubishi dan Hino, Truk angkutan barang yang sudah tua juga tidak semua masih ada yang jual sparepartnya. Apalagi di tempat terpencil. Bisa bisa bikin sendiri pakai mlengkung mlengkungin besi karena darurat biar bisa jalan buat sementara.

Apa aja yang perlu dicek?
  1. Yang pertama di cek adalah mesinnya, Sebelum dijalankan cek oil mesin dan air di radiator. Apakan oilnya mengandung air (berwarna agak putih), apakah air mengandung oil. Kalau ya berarti ada seal di silinder head bocor, atau saluran pendingin air di dalam mesin bocor.
  2. Cek apa ada kebocoran oli di daerah kopling, dan di sekitar van belt, kalau ya berarti ada kebocoran seal dari mesin ke daerah tersebut, atau beringnya sudah tua dan harus diganti.
  3. Tes mesin, mesin dijalankan dan dengarkan bunyinya apakah halus apa tidak, kalau kasar berarti bagian bagian pada sistem pembakaran sudah kotor atau silinder bakar sudah pernah diperbesar. Lihat asap yang keluar, untuk diesel dan bensin beda, dan cek baunya normal apa tidak. Kalau asapnya putih dan bau asap perih dimata ada kemungkinan oli masuk ke silinder bakar, mungkin ring sehernya sudah bocor. Kalau asap putih tapi gak bau, bisa aja air masuk ke dalam silinder bakar tapi kecil, karena kalau terlalu banyak mesin gak mau jalan.
  4. Cek rangka mesin harus lurus dan rata, apabila gak lurus atau bengkok mungkin pernah menabrak.
  5. Cek lampu lampu dan indikator, apakah masih pada jalan, kalau gak jalan siap siap aja mengganti itu semua dengan yang baru.
  6. Cek bagian bagian lain yang kelihatan seperti bodi dan interior mobilnya.

Comments

Popular posts from this blog