Skip to main content

Proper Hijau

Apa itu proper hijau. Perusahaan yang ikut diperingkat oleh tim penilai dari KLH adalah perusahaan yang sudah mendafter menjadi anggota Proper, dimana Proper adalah Program Pemeringkat Kinerja Perusahaan dalam mengelola lingkungan. Urutan peringkat proper sudah sering dibahas disini diurutkan dari yang terbawah adalah sebagai berikut:
  1. Proper Hitam: adalah peringkat paling bawah dalam mengelola lingkungan, tidak memiliki waste treatment, dan beresiko buat ditutup ijin usahanya oleh KLH.
  2. Proper Merah: adalah perusahaan yang sudah mempunyai waste treatment system tetapi belum memenuhi standar (masih diatas nilai ambang batas)
  3. Proper Biru: sudah memenuhi semua aspek yang dipersyaratan oleh KLH, ini adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh semua perusahaan.
  4. Proper Hijau: sudah memenuhi semua aspek persyaratan dan memiliki program saving energy, water recovery (water conservation) dan CSR yang sesuai batasan Proper.
  5. Proper Emas: adalah beyond compliance, merupakan perusahaan yang bisa dikatakan zero waste, karena semua limbah baik padat, cair dan gas diperlakukan 3 R (reduce, reuse dan recycle). Punya program saving energy dan water recovery yang optimal, dan mempunyai program CSR yang exelent.
Persyaratan yang lebih detail untuk proper hijau barangkali bisa digambarkan sebagai berikut:
Proper Hijau

Poin Penilaian tambahan buat Proper Hijau:

CSR
  1. CSR adalah membantu masyarakat setempat dalam mengembangkan bisnis jangka panjang, bukan pemberian jangka pendek saja.
  2. CSR bisa merupakan pinjaman usaha ke pada masyarakat, untuk meningkatkan usaha mereka. Karena banyak kasus pengusaha terpaksa meminjam ke rentenir dengan bunga tinggi dan mencekik.
  3. CSR bisa juga berupa bantuan pendidikan, membangun sekolah percontohan yang dibina secara bertahap dan berkesinambungan.
Saving Energy
Saving energy yang sudah dilakukan di perusahaan dengan pendataan secara kontinyu dan dianalisa efek dari program saving energy. Harus melakukan bench marking dengan usaha yang sejenis dalam melakukan komparasi data saving energy. Record saving energy dibandingkan tiap tahun dan dibandingkan per tahunnya. Penilaian lebih dititikberatkan pada upaya dalam melakukan saving energy.
Water Recovery
Merupakan point penting dalam penentuan untuk memperoleh Proper Hijau. Sudah seberapa besar perusahaan melakukan water conservation. Diperlukan data data yang sudah dilakukan dalam water recovery.

Waktu Penilaian:
Waktu Pelaksanaan Ispeksi Lapangan dilakukan dalam 3 tahap di 21 Propinsi + DKI

Tahap 1: 5 Maret – 6 April 2012
Tahap 2: 16 April – 1 Juni 2012
Tahap 3: 11 Juni – 3 Agustus 2012-02-20

Pengumuman Proper: 31 Agustus 2012
Waktu Sanggahan: 2 - 5 Oktober 2012
Untuk Proper Hijau dan Emas tidak ada waktu sanggahan.

Dari seminar sosialisasi Proper di Hotel Jayakarta - Bandung tanggal 17 Februari 2012.

Comments

Popular posts from this blog