Kawah Ijen

Salah satu keajaiban dunia dan sekaligus sebuah peringatan bagi manusia akan besarnya kuasa Allah jika ia menghendaki, sebuah kawah yang mengandung ancaman bagi penghuni sekitar gunung ijen ini, karena kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan pH dibawah 1, yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Konon air yang berada dalam kawah ini ada lebih dari 2,5 juta m3. Sudah pernah kesana belum, aduh aku sendiri belum eih ntar kalau kesana critanya lebih gayeng lagi.
Kawah ijen bersifat asam karena didalam kawah yang berasal dari magma bumi ini mengeluarkan zat zat klor dan flor serta sulfur yang bila larut dalam air akan bersifat asam. Karena sifat asam dari kawah ijen ini, maka luapan air dari danau ini yang mengalir ke sungai sama sekali tidak ada jasad renik yang tahan terhadap keasaman airnya, bahkan tumbuhan disekitarnya juga ikut kering.

Gunung Kawah Ijen (atau biasa disingkat menjadi Kawah Ijen) merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo, yaitu taman nasional yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Namun, secara administratif, Kawah Ijen terbagi ke dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain ancaman pH dan gas beracun yang dapat keluar sewaktu waktu dari perut gunung, gunung Ijen juga menghasilkan belerang atau gunung sulfur yang sering di tambang oleh masyarakat setempat sebagai penghidupan mereka.