Skip to main content

Jepang Dilanda Tsunami Jum'at 11 Maret

Jepang dilanda musibah gempa hebat dengan skala righter 8.9 yang berpusat ditengah laut dengan jarak sekitar 125 km dari pantai dekat kota Sedai. Gempa tersebut sangat kuat sehingga menggoyang banyak bangunan dan tentu saja meruntuhkan bangunan yang kurang tahan terhadap gempa. Dengan gempa seperti ini tentu saja membuat banyak ketakutan orang yang berada di dalam gedung, kalau di Indonesia tentu saling berhamburan keluar karena takut ketimpa runtuhan gedung.


Dengan gempa sebesar itu lebih besar dari gempa Aceh yang hanya 7.8 skala righter, tentu saja menimbulkan tsunami yang datang sekitar 7 menit setelah gempa. Tinggi gelombang laut sekitar 10 meter menggulung pantai, mungkin kalau orang yang berhambur keluar pada waktu gempa akan bertambah panik karena segera akan tersapu gelombang tsunami yang datang setelah itu.


Tsunami di Jepang kali ini membawa kapal kapal yang terapung di tepi pantai dan menyapu mobil mobil yang sedang berada di dekat pantai. Dengan kecepatan gelombang sekitar 100 km/jam, gerakan gelombang diibaratkan seperti kereta api yang menabrak apa saja yang ada didepannya dan menyapu bersih semua yang menghalangi gelombang, apalagi ditambah dengan benda benda berat yang terapung terbawa gelombang, seperti kapal dan mobil.

Akibat gempa hebat dan tsunami ini banyak bangunan yang runtuh, walaupun kuat menahan gempa yang menggoyang ke kanan dan ke kiri, setelah itu dihantam gelombang satu arah, sehingga sangat riskan untuk ditempati walaupun mungkin tidak roboh. Kejadian gempa terhebat dan memakan banyak korban di Jepang terakhir terjadi pada tahun 1923 bulan September, dengan skala righter 7.9 dan korban meninggal sebanyak 143.000 orang. Dan sebelumnya pada tahun 1896 dengan gempa pada skala righter 8.5 pada waktu itu juga terjadi tsunami yang mengakibatkan 27.000 orang meninggal.

Comments

electroplating said…
Tsunami di Jepang sungguh mengerikan, karena air laut meluap melewati kota yang ramai dan bangunan yang cukup berbahaya seperti oil refinery dan pembangkit tenaga listrik nuklir.

Popular posts from this blog