Show Operasi Penyelamatan di Chile

Peristiwa kecelakaan di Chile yang menimbun para buruh (Rescue Operation in Chile) tambang sebanyak 33 orang sedalam 700 meter merupakan upaya yang sungguh luar biasa, sehingga operasi penyelamatan buruh tambang ini mirip show yang penuh dengan rasa was was dan kagum. Selain menggunakan teknology yang canggih dalam sejarah penyelamatan juga menggunakan ketrampilan yang menuntut ketepatan lokasi dan kecepatan.



Karena itu dalam operasi ini banyak sekali penonton yang ingin menyaksikan operasi penyelamatan buruh tambang yang menggunakan teknology modern ini.Operasi penyelamatan dimulai dengan mengebor tempat tertimbunnya para buruh, dengan menentukan lokasi yang tepat. Setelah berhasil mengebor sedalam kurang lebih 700 m dengan diameter yang hanya 50 cm, untuk sementara baru bisa mensuplay kebutuhan makanan dan minuman bagi para buruh yang sudah 69 hari berada di dalam tanah.

Barulah memasang semacam lift dengan bentuk kapsul untuk mengangkut 33 korban yang terpendam ini. Pesawat bentuk kapsul ini hanya bisa mengangkut 1 orang saja sekali berangkat. Untuk mengevakuasi 1 orang butuh waktu sekitar 20 menit, sehingga total waktu yang dibutuhkan adalah 660 menit atau 11 jam, kalau ditambah istirahat mungkin sekitar 12 jam. 

Sudah bisa ditebak bagaimana perasaan para keluarga yang menanti diatas reruntuhan tambang ini. Mereka semua cemas sebelum benar benar melihat suami atau ayahnya selamat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Write your comments here, better base on the article discussed or nothing... or in English Computer Language (Bahasa Indonesia juga boleh he... he )