Skip to main content

Aceh Gempa Lagi Skala 7,3

Aceh gempa lagi pada skala rihter 7,3, ini gempa yang cukup besar dan akan merusak segalanya apabila pusat gempanya ada di perkampungan atau perkotaan. Tsunami sudah lama berlangsung, atau kalau secara ngawur pada waktu itu Presideng SBY belum lama jadi dan sekarang belum lama diperpanjang masa jabatan presidennya. Kurang lebih setiap 5 tahun Aceh jadi langganan gempa. Setelah gempa Aceh terus gempa di daerah daerah lainnya, di Padang, di Jogja, di Manado, di Banjar, di Jakarta, di Tasik. Akankah ini berulang lagi?? Walahu alam.

Apakah ada hubungan antara gempa dengan penyedotan minyak yang terus menerus, masalahnya Aceh itu termasuk daerah yang disedot minyaknya dalam jumlah paling besar di Indonesia, dan terus ke Dumai yang juga sudah habis minyaknya tapi dipaksa keluar lagi dengan disuntik dengan steam. Diteruskan lagi ke Jawa yang di daerah Cepu disedot minyaknya dari jaman belanda, yang sekarang sudah habis minyaknya dan di injeksi dengan steam sehingga keluar lagi minyaknya. Dengan penyedotan yang terus menerus secara logika di dalam bumi akan ada rongga dan rongga tersebut akan riskan longsor yang kebetulan lokasinya di daerah lempeng bumi yang retak. Hanya apa ini memang ada hubungan apa tidak saya kurang tahu persis, coba ntar saya tanyakan kepada ahlinya yang sudah lulu S2 geology dan sekarang jadi dosen.

Di dalam bumi pasti saling berhubungan jika ada rongga, yang secara bejana saling berhubungan sehingga sewaktu daerah barat tertekan lempengan bumi yang runtuh di Jawa timur tepatnya Sidoarjo mengeluarkan Lumpur yang terus menyembur sampai terjadi kesetimbangan fluida dalam rongga bumi tersebut. Masalahnya jika di dalam bumi longsor lagi, maka di Sidoarjo akan mengeluarkan lumpur lebih banyak lagi dan mungkin waktu yang dibutuhkan untuk menuju kesetimbangan fluida akan lebih lama. Tapi ini hanya pendapat secara logika saja, adapun kepastiannya harus ditanyakan dulu pada ahlinya.

Comments

Popular posts from this blog