Langsung ke konten utama

Pesta Tomat di Spanyol

Ada upacara yang rutin dilakukan oleh orang spanyol yaitu pesta tomat, atau oleh orang spanyol disebut sebagai La Tomatina. Pesta ini sebenarnya tidak dilakukan disemua wilayah spanyol, tapi hanya merupakan adat daerah tertentu saja seperti layaknya di Indonesia yang ada upacara ngaben di Bali.

Pesta Tomato in dilakukan pada setiap hari Rabu pada akhir bulan Agustus, atau bertepatan dengan musim panen tomat, jadi pesta ini bisa disebut sebagai badan penyangga harga tomat yang pasti pada musim panen akan turun drastis, seperti di kita aja. Mungkin ada ide dari kepala suku agar harga tomat gak kebanting sehingga petani tomatnya pada ambruk. Usaha yang bagus lah.

Untuk mengikuti pesta ini, ada aturan yang harus dipenuhi oleh para peserta pesta, seperti harus menggunakan kaca mata safety, harus mengenakan T-shirt dan celana pendek, dan aturan standar yang lain. Pesta dilakukan pada jam 10:00 sampai jam 13:00, mereka saling lempar dan saling gencet dengan tomat. Dalam waktu sebentar jalan jalan tersebut sudah menjadi lautan Saus Tomat atau seperti jus tomat, begitu. Pesta tomat ini hanya dilakukan di desa Bunol, di desa kecil sekitar 25 km disebelah barat kota Valencia yang bisa dijangkau dengan naik bus atau kereta api kesana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini