Langsung ke konten utama

Akan Banyak Berdiri Pabrik Lampu

Kabarnya akan banyak berdiri pabrik Lampu di Indonesia, tapi jenis industri ini secara sosial kurang bagus karena lowongan pekerjaannya hanya sedikit dari investasi $ 3 juta, hanya menyediakan pekerja sekitar 500 orang saja. Wah kurang bagus buat perkembangan ekonomi, padahal itu pasti utang dari bank di Indonesia. Coba kalau industri farm, pertanian, industri rumah tangga yang semi modern dikit lah dikembangkan, sudah investasinya gak akan besar besar amat, tapi lowongan pekerjanya bisa puluhan ribu. Coba simak berita dibawah ini.

Dari Kompas. Di saat banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh berbagai perusahaan, industri lampu hemat energi (LHE) malahan akan menambah jumlah pabrik baru lagi. Lima perusahaan yang merupakan pemain baru ini akan membangun pabrik LHE baru di daerah Padang, Makassar, Batam, Balikpapan dan Banjarmasin.

Ketua Umum Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo) Jhon Manoppo mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru ini akan bisa dilaksanakan pada awal tahun depan. "Mereka serius ingin bermain di bisnis LHE ini," ujar Jhon di Departemen Perdagangan (Depdag) siang ini. Sayangnya dia belum mau mengungkapkan nama-nama perusahaan ini.

Yang pasti, menurut Jhon investasi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan ini untuk membangun pabrik baru ini membutuhkan duit sekitar US$ 3 juta. Untuk kapasitas produksinya, sebagai awalan akan memproduksi sebanyak lima juta unit selama setahun. Kabar ini jelas bisa menjadi angin segar bagi iklim dunia kerja karena bisa membuka lapangan pekerjaan sekitar 500 orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini